EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI PENGGUNA KARTU INDONESIA SEHAT (KIS) DI RUMAH SAKIT HARAPAN DAN DOA KOTA BENGKULU

Handayani, Meri and Roeliana, Loesida and Suratman, Suratman (2021) EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI PENGGUNA KARTU INDONESIA SEHAT (KIS) DI RUMAH SAKIT HARAPAN DAN DOA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI MERI HANDAYANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Rumah Sakit adalah salah satu organisasi kesehatan dibawah pemerintahan yang bertujuan memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau oleh masyarakat dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat. Namun kenyataannya masih ada Rumah Sakit yang belum melakukan pelayanan maksimal, ini disebabkan cara kerja beberapa pegawai di Rumah Sakit belum bekerja secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Efektivitas Pelayanan Administrasi Pengguna Kartu Indonesia Sehat di Rumah Sakit Harapan dan Doa Kota Bengkulu, Jalan Letjend Basuki Rahmat No.01. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pemilihan informan melalui teknik purposive sampling di dapatkan 6 orang informan dari pegawai Rumah Sakit Harapan dan Doa Kota Bengkulu dan dan 5 orang dari pasien/pengguna KIS. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Aspek-aspek yang diteliti pada penelitian ini adalah, biaya, nilai-nilai sosial budaya dan ketelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari waktu pelayanan, pasien pernah komplen dengan waktu pelayanan yang diberikan, sehingga dapat dikatakan bahwa waktu pelayanan yang diberikan oleh pegawai belum efektif. Aspek biaya pelayanan, peserta KIS tidak pernah mengeluarkan biaya dalam pelayanan adminitrasi di Rumah Sakit Harapan dan Doa Kota Bengkulu, sehingga dapat dikatakan bahwa dari segi biaya sudah efektif. Aspek Nilai-nilai sosial budaya, pasien dilayani dengan sikap ramah, sopan santun dan tidak diskriminatif (membeda-bedakan), sehingga dapat dikatakan bahwa nilai-nilai sosial budaya yang diberikan oleh pegawai sudah efektif. Aspek Ketelitian, pasien pernah mengalami kesalahan identitas, sehinga dapat dikatakan bahwa dari segi ketelitian belum efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 18 Nov 2021 15:08
Last Modified: 18 Nov 2021 15:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23080

Actions (login required)

View Item View Item