STUDI DESKRIPTIF KARYA SENI ECOPRINT DENGAN TEKNIK STEAMING PADA PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA KELAS V SDN 44 KOTA BENGKULU

MAYANG, SUKMA PERMATA SARI and Hasnawati, Hasnawati and Yusnia, Yusnia (2024) STUDI DESKRIPTIF KARYA SENI ECOPRINT DENGAN TEKNIK STEAMING PADA PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA KELAS V SDN 44 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (skripsi)
Mayang Sukma Permata Sari_A1G020007_Skripsi Fiks - Mayang Permata.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil karya seni ecoprint dengan teknik steaming di kelas V SDN 44 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas V A SDN 44 Kota Bengkulu dengan mendeskripsikan 4 karya yang telah dibuat oleh 4 kelompok. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, mengkondensasi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini melalui triangulasi dan member check. Hasil penelitian ini, yaitu hasil karya yang telah dihasilkan setiap kelompok memiliki unsur titik, garis, bidang, warna, tekstur, gelap terang dan ruang, namun pada hasil karya kelompok 3 unsur titik belum terlihat. Serta prinsip-prinsip seni rupa, yaitu irama, keseimbangan, kesatuan, pusat perhatian, keselarasan dan proporsi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa karya yang dihasilkan oleh masing-masing kelompok memiliki unsur dan prinsip seni rupa. Kata Kunci: Seni Rupa, Ecoprint, Steaming

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 29 Oct 2024 06:53
Last Modified: 29 Oct 2024 06:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23081

Actions (login required)

View Item View Item