IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 8 TAHUN 2016 TENTANG PENGELOLAAN PASAR RAKYAT DI PASAR KETAHUN KABUPATEN BENGKULU UTARA

Utami, Rizki Tri and Santoso, Djonet and Hardayani, Yorry (2021) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 8 TAHUN 2016 TENTANG PENGELOLAAN PASAR RAKYAT DI PASAR KETAHUN KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI PDF FIX.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya keresahan pedagang seperti tidak sesuainya fasilitas pasar yang di sediakan oleh pemerintah serta pemasalah yang ada di pasar Ketahun. Keresahan tersebut berdampak pada menurunnya transaksi jual beli dan tersebarnya pedagang secara tidak beraturan di pasar tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Pasar Rakyat di pasar Ketahun telah diterapkan dengan baik menyangkut tentang pengelolaan, hak, kewajiban serta larangan pedagang di Pasar Ketahun Kabupaten Bengkulu Utara. Fokus pada penelitian ini berdasarkan aspek yang sesuai dengan isi salinan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2016 dan di dukung oleh teori implementasi yang di kemukakan oleh Riant Nugroho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penyusunan agenda, pelaksana kegiatan yaitu (kepala UPTD) menentukan masalah pokok yang terjadi di lapangan, masalah pokok yang di hadapi yaitu fasilitas yang disiapkan oleh pemerintah selaku pembuat kebijakan tidak sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pedagang di pasar Ketahun. Dalam formulasi kebijakan pelaksana kegiatan (kepala UPTD) menjelaskan masalah apasaja yang termasuk kedalam hak, kewajiban serta larangan pedagang yang terdapat di pasar Ketahun tempat penelitian berlangsung, pada tahap adopsi kebijakan, kepala UPTD menentukan alternatif penyelesaian permasalahan yang ada, kemudian pada tahap implementasi kebijakan pelaksana kebijakan (kepala UPTD) menerapkan kebijakan serta solusi-solusi dari permasalah yang terjadi di pasar Ketahun, terakhir tahap evaluasi dimana semua pihak melihat dan menilai apakah tindakan yang dilakukan telah efektif dalam penyelesaian masalah tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 18 Nov 2021 15:09
Last Modified: 18 Nov 2021 15:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23082

Actions (login required)

View Item View Item