Analisis Kualitas Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) Di Puskesmas Perawatan Beringin Raya Kota Bengkulu Tahun 2019

Najmuddin, Syafiq Fathin and Hakim, Kahar and Suratman, Suratman (2021) Analisis Kualitas Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) Di Puskesmas Perawatan Beringin Raya Kota Bengkulu Tahun 2019. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
PDF skripsi syafiq.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tugas puskesmas yaitu melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya dalam rangka mendukung terwujudnya kecamatan sehat. Oleh karena itu, Puskesmas tidak hanya dituntut untuk meningkatkan kualitas dalam hal penyembuhan penyakit pasien, namun juga dituntut untuk meningkatkan kepuasan pasien. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui Kualitas pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) di Puskesmas Perawatan Beringin Raya Kota Bengkulu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan fokus penelitian adalah Kualitas pelayanan pada Puskesmas Beringin Raya Kota Bengkulu. Teknik Pengumpulan Data primer menggunakan metode wawancara dan observasi sedangkan data skunder dikumpulkan melalui dokumentasi. Informan berjumlah 5 orang. Analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, serta menarik kesimpulan. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi. Kesimpulannya aspek Tangible menyatakan IGD memiliki kelengkapan yang memadahi. Aspek Reability menyatakan pelayanan petugas sudah sesuai dengan SOP. Aspek Responsiveness menyatakan bahwa dalam melakukan proses pelayanan medis kepada pasien/masyarakat petugas IGD memberikan jaminan kecepatan pada pasien yang mengalami kritis atau terancam nyawanya sedangkan pada pasien luka ringan tidak memberi jaminan kecepatan pelayanan medis. Aspek Assurance menyatakan bahwa telah ada kejelasaan dan jaminan akan biaya dan waktu tindakan medis dalam penyelamatan pasien. Aspek Empathy menyatakan bahwa sikap petugas dalam melakukan pelayanan kepada pasien/masyarakat tidak sesuai dengan sikap yang diharapkan pasien/masyarakat yaitu diberikannya sikap ramah dan senyum pada pasien/masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 18 Nov 2021 15:08
Last Modified: 18 Nov 2021 15:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23085

Actions (login required)

View Item View Item