IMPLEMENTASI PROGRAM JEMPUT SAKIT PULANG SEHAT (JSPS) KOTA BENGKULU (Studi Pada Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Tahun 2019)

Lestari, Triya Anugrah and Suharto, Sugeng and Nursanty, (2021) IMPLEMENTASI PROGRAM JEMPUT SAKIT PULANG SEHAT (JSPS) KOTA BENGKULU (Studi Pada Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Tahun 2019). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI TRIYA OK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Salah satu bentuk pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah Kota Bengkulu adalah Program Jemput Sakit Pulang Sehat (JSPS). Pada tahun 2019 ada 400 kasus yang dapat terlayani oleh tim JSPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program JSPS di Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemilihan informan yaitu purposive sampling dengan informan berjumlah 9 orang. Penelitian ini menggunakan aspek surat keputusan kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Nomor:440/02/DKK/I/2013 yang berisi tentang persiapan, pelaksana, jadwal pelaksanaan kegiatan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan yang mengacu pada teori Hogwood dan Gunn dengan hasil penelitian: aspek pertama yaitu persiapan pelayanan belum terlaksana secara optimal, karena masih adanya masyarakat yang tidak menghubungi tim JSPS melalui call center. Aspek kedua yaitu pelaksana program dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Bengkulu dan Puskesmas, Dinas Kesehatan memiliki tanggung jawab dalam pemantauan jalannya program JSPS yang dilaksanakan disetiap Puskesmas di Kota Bengkulu, serta adanya dua orang penanggung jawab dan pelaksana disetiap Puskesmas. Aspek ketiga jadwal pelaksanaan kegiatan belum dilakukan secara optimal dimana tim JSPS tidak melakukan pendataan keluarga rawan terlebih dahulu terhadap masyarakat. Mobil unit yang digunakan merupakan mobil ambulan Puskesmas dan pelayanan JSPS berupa akomodasi pelayanan, serta kurangnya kontribusi dari pihak-pihak yang terkait. Aspek keempat evaluasi pelaksanaan kegiatan yang belum berjalan optimal dikarenakan masih adanya keterlambatan pembuatan laporan yang dapat menghambat jalannya kegiatan dan tidak terlaksananya monitoring dan bimtek setiap triwulannya, serta tidak dilakukan pertemuan evaluasi secara berkala sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 18 Nov 2021 15:08
Last Modified: 18 Nov 2021 15:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23086

Actions (login required)

View Item View Item