IMPLEMENTASI PERDA NOMOR 4 TAHUN 2017 TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK (Studi Kasus Di Kantor Biro Umum Setda Provinsi Bengkulu)

Sofrianto, Yudha and Aminudin, Achmad and Suratman, Suratman (2021) IMPLEMENTASI PERDA NOMOR 4 TAHUN 2017 TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK (Studi Kasus Di Kantor Biro Umum Setda Provinsi Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI YUDHA SOFRIANTO OKE.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Implementasi kebijakan publik adalah mengacu pada tindakan untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan dalam suatu keputusan. Dalam rangka upaya membatasi aktivitas merokok seseorang di Provinsi Bengkulu maka pemerintah Provinsi Bengkulu mengeluarkan Peraturan Daerah Provinsi Bengkulu Nomor 4 Tahun 2017 tentang Kawasan Tanpa Rokok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Perda Nomor 4 Tahun 2017 Tentang Kawasan Tanpa Rokok di Kantor Biro Umum Setda Provinsi Bengkulu, Jalan Pembangunan No.1. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pemilihan informan melalui teknik purposive sampling didapatkan 11 orang dari pegawai Biro Umum Setda Provinsi Bengkulu dan 1 orang dari Satuan Polisi Pamong Praja. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Aspek-aspek yang diteliti pada penelitian ini adalah tepat kebijakan, tepat pelaksanaan, tepat target, tepat lingkungan dan tepat proses. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dilihat dari aspek tepat kebijakan, Perda Nomor 4 tahun 2017 tentang Kawasan Tanpa Rokok sudah tepat diterapkan di Biro Umum karena di Biro Umum masih banyak pegawai yang merokok diruangan. Aspek tepat pelaksanaan pengawasan yang dilakukan oleh Kepala Biro Umum belum maksimal. Aspek tepat target belum siapnya pegawai dan Biro Umum sendiri dalam menerapkan Perda Nomor 4 tahun 2017 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Biro Umum dilihat dari kurangnnya kesadaran pegawai dan tidak adanya ruangan khusus bagi pegawai yang merokok. Aspek tepat lingkungan, dilihat dari peran pegawai dalam penerapan perda ini belum berjalan dengan baik karena dalam menegur pegawai yang merokok masih ada rasa segan. Aspek tepat proses, masih banyak pegawai yang merokok setelah perda ini diterapkan dan kurang tegasnya kepala Biro Umum dan Satpol PP dalm memberikan sanksi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 18 Nov 2021 15:08
Last Modified: 18 Nov 2021 15:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23088

Actions (login required)

View Item View Item