PENGARUH BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI PENDEKATAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR PENGGERAK KOTA BENGKULU

Rabiah, Tusa’Idah and Neza, Agusdianita and Yusnia, Yusnia (2024) PENGARUH BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI PENDEKATAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR PENGGERAK KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (skripsi)
Rabiah Tusa'idah_A1G020028_Unib - Rabiah Tusaidah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis problem based learning terintegrasi pendekatan berdiferensiasi pada materi keliling dan luas bangun datar terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (Quasy Eksperimen) dan desain he Matching Only Pretest- Posttest Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah Sekolah Dasar Penggerak Kota Bengkulu dengan sampel penelitian peserta didik kelas VA di SDN 07 sebagai kelompok eksperimen dan VB di SDN 09 sebagai kelompok kontrol Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah pretest dan posttest dengan menggunakan instrumen soal matematika berupa pilihan ganda sebanyak 10 butir soal. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis uji prasyarat, dan uji hipotesis menggunakan Independent Samples t-test. Hasil uji hipotesis pada kelompok eksperimen menunjukkan bahwa nilai thitung dengan menggunakan Equal Variences Assumed = 3,967 dan nilai Sig. (2-tailed) bernilai 0,000 serta nilai distribusi ttabel sebesar 1,672, sehingga thitung > ttabel (3,967 > 1,672) dan Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Data ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang disebabkan oleh perlakuan kedua kelas yang berbeda. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis problem based learning terintegrasi pendekatan berdiferensiasi pada materi keliling dan luas bangun datar terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di sekolah dasar penggerak Kota Bengkulu. Kata Kunci: Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning, Pendekatan Berdiferensiasi, Matematika, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 29 Oct 2024 07:44
Last Modified: 29 Oct 2024 07:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23092

Actions (login required)

View Item View Item