IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SDN 1 KOTA BENGKULU

SHELOMITHA, SULISTYANI and Dalifa, Dalifa and Yusnia, Yusnia (2024) IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SDN 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (skripsi)
SHELOMITHA SULISTYANI_A1G020108_PERPUS UNIB - Shelomitha Sulistyani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi profil pelajar pancasila dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran IPAS siswa kelas IV SDN 1 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data primer penelitian diperoleh dari pedoman observasi, pedoman wawancara yang dilakukan langsung terhadap sumber data yaitu wali kelas IV/B, kepala sekolah, wakil kurikulum, dan siswa kelas IV/B SDN 1 Kota Bengkulu. Data sekunder yang digunakan berupa dokumentasi foto, video, dan rekaman suara. Adapun pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dari implementasi profil pelajar pancasila dalam pembelajaran IPAS siswa kelas IV SDN 1 Kota Bengkulu ini menunjukkan bahwa dalam (1) perencanaan, sudah terimplementasi dengan karakter pelajar pancasila yang dapat dilihat dalam setiap komponen modul ajar. Dimensi profil pelajar pancasila yang paling banyak muncul dalam perencanaan modul ajar pembelajaran IPAS adalah bernalar kritis (2) pelaksanaan, sudah terimplementasi dengan karakter pelajar pancasila yang dapat dilihat dalam 3 tahap kegiatan, yaitu pembuka, inti, dan penutup. Dimensi profil pelajar pancasila yang paling banyak muncul dalam pelaksanaan pembelajaran IPAS adalah bernalar kritis. Untuk dimensi yang kurang muncul dalam pembelajaran adalah berkebhinekaan global. Implementasi profil pelajar pancasila sudah muncul dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran IPAS. Dimensi yang paling banyak muncul adalah bernalar kritis. Terdapat beberapa perencanaan dalam komponen modul ajar yang terimplementasi profil pelajar pancasila namun belum muncul dalam kegiatan pembelajaran. Terdapat juga beberapa kegiatan pembelajaran yang terimplementasi profil pelajar pancasila namun belum muncul dalam modul ajar. Kata Kunci : Implementasi, Profil Pelajar Pancasila, IPAS

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 29 Oct 2024 08:09
Last Modified: 29 Oct 2024 08:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23097

Actions (login required)

View Item View Item