Peran Gatekeeper Dalam Menyaring Berita Pilkada Pada Segment Ruang Demokrasi Di Program Berita “Bengkulu Hari ini” di Stasiun TVRI BENGKULU

Ardansyah, Muhammad and Marwan, Azwar and Saragih, Rasianna Br. (2021) Peran Gatekeeper Dalam Menyaring Berita Pilkada Pada Segment Ruang Demokrasi Di Program Berita “Bengkulu Hari ini” di Stasiun TVRI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SEKRIPSI Peran Gatekeeper Dalam Menyaring Berita Pilkada.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Media jadi acuan warga selaku pengetahuan tentang informasi berita pilkada di dekat mereka. Warga“ haus” data sehingga menjadikan kecepatan pembaharuan selaku prioritas utama media massa saat ini. Tetapi, mutu berita kerapkali tidak jadi atensi. Lembaga Penyiaran Publik( LPP) TVRI Bengkulu jadi acuan buat menyebarkan kabar yang akurat serta faktual. Penelitian ini dimaksudkan buat mengenali bagaimana peran Gatekeeper dalam menyaring berita. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai Februari 2021 dengan mengunakan teori model gatekeeping oleh Bruce Westley dan Malcom McLean dalam melihat peran Gatekeeper dalam menayaring berita pilkada pada segment ruang demokrasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi,wawancara dan dokumentasi. metode kualitatarif deskriptif dengan teknik pengumpulan data.Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan mengumpulkan data penelitian secara lengkap. Setelah mengumpulkan data, penulis mendeskripsikan hasil wawancara informan berdasarkan pertanyaan�pertanyaan yang penulis ajukan dengan panduan wawancara yang sudah disiapkan sebelumnya. Peneliti melakukan analisis data yang bersifat deskriptif dengan menggunakan fakta (menguraikan data) yang ada dilapangan, untuk memberikan gambaran tentang permasalahan yang dibahas dalam penelitian.. hasil dari penlitian ini peran Gatekeeper sudah berljan dengan aturannya dan tidak semua berita pilkada dapat disiarkan karena memperhatikan aturan yang berlaku beberapa aspek seperti ekonomi, pembatasan illegal, batas waktu, etik pribadi dan professionalisme, kompetisi, nilai berita, dan reaksi terhadap feedback yang tertunda terhadap semua berita yang akan disiarkan pada segment ruang demokrasi di program berita “Bengkulu Hari InI” .

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Jurnalism
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 18 Nov 2021 15:11
Last Modified: 18 Nov 2021 15:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23100

Actions (login required)

View Item View Item