HIKMAH, SEFIANTI and Nani, Yuliantini and Feri, Noperman (2024) PENGARUH MEDIA BIG BOOK YANG DIMODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV SDN 18 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (skripsi)
SKRIPSI HIKMAH SEFIANTI (A1G020045) - Hikmah Sefianti.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media big book yang dimodifikasi terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa sekolah dasar kelas IV SDN 18 Kota Bengkulu yang mengalami kesulitan dalam membaca pemahaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode Pre-Ekperimental Design dengan desain penelitian One Group Prestest-Posttest Design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa sekolah dasar di SDN 18 Kota Bengkulu yang mengalami kesulitan dalam membaca pemahaman. Instrumen penelitian menggunakan soal pilihan ganda yang terdiri dari soal pretest dan posttest. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan antara hasil pretest dan posttest pada siswa. Hasil dari pretest menunjukkan kemampuan membaca pemahaman sebelum diberikan perlakuan sedangkan hasil posttest menujukkan kemampuan membaca pemhaman setelah diberikan perlakuan media big book yang dimodifikasi. Perbedaan antara hasil pretest dan posttest siswa menunjukkan adanya peningkatan terhadap kemampuan membaca pemahaman. Hal tersebut dibuktikan dari nilai thitung 5,392 dan nilai ttabel 1,746 (df=16) serta nilai Sig. (2-tailed) bernilai 0,000 dengan taraf signifikan α = 0,05 , nilai thitung > ttabel (5,392> 1,746) dan bahwa nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Artinya, jika nilai thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti dapat disimpulkan bahwa “Terdapat pengaruh penggunaan media big book yang dimodifikasi terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa sekolah dasar kelas IV SDN 18 Kota Bengkulu.” Kata Kunci: Media Big Book, Media Big Book yang Dimodifikasi, Kemampuan Membaca Pemahaman
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 08:58 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 08:58 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23107 |
Actions (login required)
View Item |