ANALISIS TERHADAP DUKUNGAN KELUARGA DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN LANSIA NON POTENSIAL ( Studi Kasus di LKS AL-IZZAH Kecamatan Air Periukan, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu)

Ramadhani, Angie Destie and Permata, Sri Putri and Osira, Yessilia (2021) ANALISIS TERHADAP DUKUNGAN KELUARGA DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN LANSIA NON POTENSIAL ( Studi Kasus di LKS AL-IZZAH Kecamatan Air Periukan, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI , ANGIE DESTIE RAMAHDANI (D1A016039).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Dukungan keluarga adalah suatu bentuk yang meliputi sikap, tindakan dan penerimaan terhadap anggota keluarga. Lansia non potensial mengalami penurunan kemampuan fisik yang menyebabkan lansia sudah tidak produktif lagi, dengan keterbatasan lansia sehingga dukungan keluarga dalam memenuhi kebutuhan sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dukungan keluarga dalam pemenuhan kebutuhan lansia non potensial. Metode penelitian yang digunakan deskriptif dengan metode kualitatif, informan berjumlah 13 informan yaitu 2 orang pendamping lansia, 4 orang lansia non potensial dan 7 keluarga yang memiliki lansia non potensial yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data dianalisa dengan cara reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari keempat aspek dukungan keluarga hanya tiga yang cukup terpenuhi dan satu dukungan yang tidak dapat dipenuhi oleh keluarga. Tiga dukungan aspek yang cukup terpenuhi ialah : dukungan informasional, dukungan emosional dan dukungan instrumental dan satu dukungan yang tidak dapat dipenuhi yaitu dukungan penilaian. Sedangkan aspek kebutuhan lansia teridiri dari lima yaitu: kebutuhan fisik, kebutuhan psikologis, kebutuhan sosial, kebutuhan ekonomi dan kebutuhan spiritual belum sepenuhnya terpenuhi dengan baik. Kesimpulan dukungan keluarga dalam pemenuhan kebutuhan lansia bahwa dukungan keluarga yang tidak dapat dipenuhi yaitu dukungan penilaian, dengan tidak terpenuhinya dukungan penilaian sehingga berdampak dengan kebutuhan psikologis dan spiritual pada lansia. Rekomendasi yang disarankan yaitu pihak lembaga melakukan pendampingan kepada keluarga dengan memberikan pemahaman dalam merawat dan menjaga lansia. Selain itu, melakukan sosialisasi pentingnya dukungan keluarga yang membuat lansia mendapatkan ketenangan jiwanya dan merasa diperhatikan. Dengan adanya dukungan keluarga kepada lansia sehingga pemenuhan kebutuhan lansia non potensial terpenuhi dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 21 Nov 2021 16:04
Last Modified: 21 Nov 2021 16:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23107

Actions (login required)

View Item View Item