PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS V SDN PADA GUGUS XI KOTA BENGKULU

NURMA, GUFITA and Nani, Yuliantini and Dalifa, Dalifa (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS V SDN PADA GUGUS XI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (skripsi)
Skripsi Nurma Gufita - Nurma Gufita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Kelas V SDN Pada Gugus XI Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain penelitian the matching only pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas V SDN gugus XI Kota Bengkulu. Sampel penelitian adalah kelas V SDN 44 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN 55 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Data Penelitian diperoleh dengan melakukan pretest dan posttest dengan menggunakan instrumen tes objektif. Data hasil penelitian selanjutnya dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis inferensial yaitu uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai posttest memiliki perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil tersebut dibuktikan dari nilai thitung (2.263) > ttabel (1.697), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas V SDN pada gugus XI Kota Bengkulu, karena adanya perlakuan yang berbeda terhadap kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, Hasil Belajar, Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 29 Oct 2024 09:02
Last Modified: 29 Oct 2024 09:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23108

Actions (login required)

View Item View Item