PENGELOLAAN PROGRAM DANA DESA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA TABA KECAMATAN TALO KECIL KABUPATEN SELUMA (Studi Kasus di Desa Taba Kecamatan Talo Kecil Kabupaten Seluma)

Vega Insari, Clara De and Herlina, Muria and Siregar, Rosi L Vini (2021) PENGELOLAAN PROGRAM DANA DESA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA TABA KECAMATAN TALO KECIL KABUPATEN SELUMA (Studi Kasus di Desa Taba Kecamatan Talo Kecil Kabupaten Seluma). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI - CLARA DE VEGA INSARI (D1A016066).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Pengelolaan dana desa merupakan wujud dari pemenuhan hak desa untuk menyelenggarakan otonominya agar tumbuh dan berkembang. Peran pemerintah desa dalam memberikan pelayanan, kesejahteraan masyarakat dan mempercepat pembangunan serta pertumbuhan wilayah-wilayah strategis harus ditingkatkan, sehingga dapat mengembangkan wilayah-wilayah yang masih tertinggal dalam suatu sistem wilayah pengembangan. Dana Desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Pengelolaan Dana Desa adalah keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban. Penelitian ini mengangkat masalah Pengelolaan Dana Desa Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Taba (Studi Kasus di Desa Taba Kecamatan Talo Kecil Kabupaten Seluma). Metode yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif, dengan informan utama sebanyak 9 orang yang terdiri dari tokoh masyarakat dan masyarakat umum, serta informan pendukung 3 orang yang merupakan perangkat desa. Informan dipilih berdasarkan purposif sampling, yang berdomisili di Desa Taba minimal 10 tahun, dan bersedia diwawancarai. Hasil penelitian menunjukan semua informan terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pengelolaan Dana Desa untuk kesejahteraan masyarakat, akan tetapi tidak terlibat dalam Penatausahaan dan Pelaporan/pertanggungjawaban pengelolaan dana desa yang dilakukan oleh pihak pemerintahan desa. Sehingga sering terjadi ketidak transparanan dalam pengelolaan dana desa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 21 Nov 2021 16:04
Last Modified: 21 Nov 2021 16:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23111

Actions (login required)

View Item View Item