KEPATUHAN PEDAGANG TERHADAP PROTOKOL KESEHATAN DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 (Studi Kasus di Pasar Panorama Kelurahan Panorama Kota Bengkulu)

Maharani, Deswita Dwi and Chalik, Alex Abdu and Yunilisiah, Yunilisiah (2021) KEPATUHAN PEDAGANG TERHADAP PROTOKOL KESEHATAN DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 (Studi Kasus di Pasar Panorama Kelurahan Panorama Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI - DESWITA DWI MAHARANI (D1A016046).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh Coronavirus jenis baru yang pertama kali diidentifikasi di Kota Wuhan, di Provinsi Hubei Cina pada Desember 2019. Pandemi Covid-19 telah memiliki dampak dalam hal psikologis juga yang akan berpengaruh pada aspek sosial seseorang yang tentunya berdampak pada terganggunya keberfungsian sosial seseorang. Pekerja sosial sebagai sebuah profesi memiliki peranan yang penting dalam usaha untuk pencegahan penyebaran Covid-19 maupun dalam menanggulangi pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan penjelasan tentang kepatuhan pedagang terhadap protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Pasar Panorama Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling yaitu penentuan informan dengan pertimbangan tertentu yang melibatkan sepuluh orang informan yang mana sembilan orang mewakili pedagang pasar panorama, satu orang selaku staf UPTD pasar panorama... Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pedagang dipasar panorama bisa mematuhi protokol kesehatan sebagaimana yang telah dianjurkan oleh pemerintah meskipun tidak semua pedagang yang mematuhinya, pedagang menyediakan sarana prasarana untuk protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid- 19 ditempat berjualannya walaupun belum sepenuhnya memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 21 Nov 2021 16:05
Last Modified: 21 Nov 2021 16:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23112

Actions (login required)

View Item View Item