STUDI KASUS BUDAYA 6S (SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, SANTUN, SEMANGAT) DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS IV A SD NEGERI 02 KOTA BENGKULU

SEFTIANO, AMARDO and Herman, Lusa and Atika, Susanti (2024) STUDI KASUS BUDAYA 6S (SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, SANTUN, SEMANGAT) DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS IV A SD NEGERI 02 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (skripsi)
SKRIPSI Seftiano Amardo_A1G020147 - septiano amardo.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter peserta didik kelas IVA dalam penerapan budaya 6S serta untuk mengetahui faktor penghambat dalam mengimplementasikan dalam budaya 6S di SDN 02 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah kepalah sekolah, guru kelas IVA dan peserta didik kelas IVA yang belum menerapkan budaya 6S di SD Negeri 02 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara. Teknik analisis data melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Budaya 6S di SDN 02 Kota Bengkulu mempunyai dua kegiatan yaitu kegiatan rutin dan kegiatan spontan, untuk melihat pelaksanaan budaya 6S di SDN 02 Kota Bengkulu sudah efisien atau belum dilihat dari dilihat dari dari tahapan-tahapan pembiasaan budaya Information, Training, Modelling, Condition, Habituation, dan Kulturalisasi. (2) Faktor penghambat dalam implementasi budaya 6S jika dilihat dari tahapan-tahapan pelaksanaan dalam pelaksanaan budaya yaitu Information atau informasi yang peserta didik dapat baik atau buruk, Modelling atau model yang peserta didik contohkan serta Condition atau kondisi, bisa saja kondisi tempat tinggal, rumah maupun sekolah. Dengan demikian dapat disimpulkan pelaksanaan budaya 6S di SDN 02 telah berjalan dengan baik, akan tetapi ada beberapa faktor yang menghambat pelaksanaan budaya 6S yaitu faktor lingkungan dan informasi yang peserta didik dapatkan yang menghambat penerapan budaya 6S di sekolah. Kata Kunci : Studi kasus, Budaya 6S, Pendidikan karakter

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 30 Oct 2024 01:11
Last Modified: 30 Oct 2024 01:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23113

Actions (login required)

View Item View Item