FUNGSI KELUARGA TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN LANJUT USIA DI KELURAHAN AIR DUKU KECAMATAN SELUPU REJANG KABUPATEN REJANG LEBONG

Mardiana, Dina and Osira, Yessilia and Siregar, Rosi L Vini (2021) FUNGSI KELUARGA TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN LANJUT USIA DI KELURAHAN AIR DUKU KECAMATAN SELUPU REJANG KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI - DINA MARDIANA (D1A016004).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Fungsi keluarga perlu diamati sebagai tugas atau kewajiban yang harus diperankan oleh keluarga sebagai lembaga sosial terkecil di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang fungsi keluarga terhadap pemenuhan kebutuhan lanjut usia di Kelurahan Air Duku Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong dengan menggunakan metode kualitatif. Informan berjumlah tiga belas orang yang terdiri dari enam orang lansia dan tujuh orang anggota keluarga lansia yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive, pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data dianalisa dengan mengorganisasikan data, menjabarkan kedalam unit-unit, melakukan sintesa, memilih mana yang penting dan menarik kesimpulan. Fungsi keluarga dalam penelitian ini dilihat dari lima aspek yaitu fungsi biologis, ekonomi, psikologis, edukasi dan sosiokultural. Kebutuhan lanjut usia dalam penelitian ini juga dilihat dari lima aspek yaitu kebutuhan fisik, psikologis, sosial, ekonomi dan spiritual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari lima aspek fungsi keluarga sudah dijalankan oleh anggota keluarga lansia namun ada beberapa keluarga yang kurang terlaksana karena adanya hambatan dari faktor ekonomi dan faktor tidak tinggal bersama dengan lansia. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kebutuhan lanjut usia juga sudah dipenuhi oleh anggota keluarga lansia hanya saja terdapat beberapa anggota keluarga yang kurang memenuhi kebutuhan lanjut usia dikarenakan faktor yang sama dengan fungsi keluarga yaitu karena faktor ekonomi dan tidak tinggal bersama dengan lanjut usia. Kesimpulan yang didapat ialah bahwa fungsi keluarga terhadap pemenuhan kebutuhan lanjut usia di Kelurahan Air Duku Kecamatan selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong cenderung terlaksana dan terpenuhi hanya saja ada beberapa keluarga yang kurang terlaksana dan terpenuhi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 21 Nov 2021 16:06
Last Modified: 21 Nov 2021 16:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23113

Actions (login required)

View Item View Item