MOTIVASI KELUARGA PENERIMA MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM MELAKUKAN GRADUASI MANDIRI (STUDI KASUS DI KECAMATAN SUNGAI SERUT KOTA BENGKULU)

Susanti, Elva and Putra, Nh Jaya and Afrita, Desy (2021) MOTIVASI KELUARGA PENERIMA MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM MELAKUKAN GRADUASI MANDIRI (STUDI KASUS DI KECAMATAN SUNGAI SERUT KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI - ELVA SUSANTI (D1A016006).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Program keluarga harapan merupakan program khusus dari Kementerian Sosial dalam upaya pengentasan kemiskinan, program ini bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat miskin, melalui perlindungan dan jaminan sosial. Program ini merupakan program yang berbasis pada masyarakat yang tidak mampu secara ekonomi yang disebut dengan KPM (Keluarga Penerima Manfaat). Dalam program keluarga harapan ada proses graduasi, yaitu berakhirnya masa kepesertaan KPM dan status penerima bantuan bantuan. Program Keluarga Harapan membedakan graduasi menjadi graduasi alami, graduasi mampu secara ekonomi, dan graduasi mandiri. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motivasi KPM program Keluarga Harapan dalam melakukan graduasi mandiri. Graduasi mandiri adalah berakhirnya kepesertaan penerima bantuan karena adanya pengunduran diri yang dilakukan secara sadar oleh KPM untuk dapat mandiri dan terlepas dari bantuan Program Keluarga Harapan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan analisis data kualitatif dengan melibatkan 16 informan, terdiri dari 11 orang adalah KPM graduasi mandiri, 4 orang pendamping Program Keluarga Harapan Kecamatan Sungai Serut dan 1 orang sebagai Koordinator kota Program Keluarga Harapan yang dipilih melalui purposive. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menemukan faktor yang melatar belakangi KPM melakukan graduasi mandiri yaitu: 1. KPM sudah memiliki usaha sendiri yang dapat menjadi sumber pendapatan keluarga, 2. Perekonomian Keluarga Penerima Manfaat sudah membaik, 3. Adanya rasa malu untuk menerima bantuan PKH, 4. Adanya stimulus lingkungan sosial yaitu dari tetangga dan pendamping Program Keluarga Harapan. Faktor tersebut dapat dikategorikan menjadi motivasi intrinsik yaitu motivasi yang tidak memerlukan stimulus dari luar karena adanya dorongan dari diri individu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dan motivasi intrinsik merupakan motivasi yang terjadi karena adanya stimulus dari lingkungan sosial sehingga mempengaruhi seseorang untuk bertindak dan mencapai suatu tujuan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 21 Nov 2021 16:05
Last Modified: 21 Nov 2021 16:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23115

Actions (login required)

View Item View Item