PENGARUHPENGGUNAANMODELPEMBELAJARANTEAMS GAMESTOURNAMENT(TGT)BERBANTUANAPLIKASIKAHOOT TERHADAPHASILBELAJARIPASMATERIIPSSISWAKELASIV SDNGUGUSXIIKOTABENGKULU

WINDA, PEBRILIA CESSA RINA and Hasnawati, Hasnawati and Yusnia, Yusnia (2024) PENGARUHPENGGUNAANMODELPEMBELAJARANTEAMS GAMESTOURNAMENT(TGT)BERBANTUANAPLIKASIKAHOOT TERHADAPHASILBELAJARIPASMATERIIPSSISWAKELASIV SDNGUGUSXIIKOTABENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (skripsi)
SKRIPSI_ WINDA PEBRILIA CESSA RINA_A1G020092_(1)_compressed - Winda Febrilia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi Kahoot terhadap hasil belajar IPAS materi IPS siswa kelas IV SDN Gugus XII Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain The Matching Only Pretest�Posttest Control Group Desain. Populasi penelitian adalah SDN Gugus XII Kota Bengkulu yang terakreditasi B. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 99 sebagai kelas eksperimen dan SDN 35 sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar aspek pengetahuan bentuk soal pilihan ganda berjumlah 10 soal yang diberikan melalui Pretest dan Posttest. Jenis teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif menggunakan statistik deskriptif, analisis uji prasyarat. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil rata-rata pada pembelajaran IPAS materi IPS kelas eksperimen (73,57) dan kelas kontrol (54,07) sehingga rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol (73,57 > 54,07). Hasil uji hipotesis menggunakan Independent Sampel t�test diperoleh hasil sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi kahoot memberikan pengaruh yang postif terhadap hasil belajar IPAS materi IPS siswa kelas IV SDN Gugus XII Kota Bengkulu. Kata Kunci: Teams Games Tournament (TGT), Kahoot, Hasil Belajar, IPAS

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: septi
Date Deposited: 30 Oct 2024 01:47
Last Modified: 30 Oct 2024 01:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23119

Actions (login required)

View Item View Item