KRISTIAN, HARIANTO and Dalifa, Dalifa and Atika, Susanti (2024) STUDI DESKRIPTIF GERAKAN LITERASI SEKOLAH SDN 24 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (skripsi)
SKRIPSI_PGSD_KRISTIAN HARIANTO-1 - Kristian Harianto.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah SDN 24 Kota Bengkulu melalui ketiga tahapannya, yaitu tahap pembiasaan, tahap pengembangan dan tahap pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa (kelas 3D&6A) SDN 24 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data gerakan literasi sekolah dilakukan dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan yang digunakan melalui tringulasi dan membercheck. Hasil penelitian menunjukan, 1) Tahap pembiasaan GLS di SDN 24 Kota Bengkulu sebagian besar indikator telah dilaksanakan, kegiatan membaca 15 menit dilakukan setiap harinya disemua mata pelajaran. 2) Tahap pengembangan GLS di SDN 24 Kota Bengkulu sebagian indikator juga telah dilaksanakan, namun kegiatan literasi bulanan, semesteran, tahunan dan bentuk kegiatan apresiasi siswa belum dilakukan, 3) Tahap pembelajaran GLS di SDN 24 Kota Bengkulu sebagian indikator telah dilaksanakan, namun belum terdapat kegiatan mendayagunakan potensi lokal sesuai dengan budaya sekolah. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tahap pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran sebagian besar indikator yang ada telah dilaksanakan. Kata Kunci : Gerakan Literasi Sekolah, GLS, Membaca 15 Menit
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 02:00 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 02:00 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23122 |
Actions (login required)
View Item |