KEPERCAYAAN DIRI PENYANDANG DISABILITAS FISIK DI LINGKUNGAN MASYARAKAT (Studi Kasus Di Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang)

Ramadhan, Muhammad Riky and Herlina, Muria and Setiyanto, Agus (2021) KEPERCAYAAN DIRI PENYANDANG DISABILITAS FISIK DI LINGKUNGAN MASYARAKAT (Studi Kasus Di Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI MUHAMMAD RIKY RAHMADAN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penyandang disabilitas memiliki keterbatasan dalam berinteraksi dilingkungan masyarakat, tentunya dengan segala kekurangan yang mereka miliki akan mempengaruhi Kepecayaan Diri mereka. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran terutama dalam kepercayaan diri penyandang disabilitas dilingkungan masyarakat di kecamatan kabawetan kebupaten kepahiang. Tujuan penelitian ini 1) Memahami dan mengetahui kepercayaan diri penyandang disabiltas di lingkungan masyarakat di kecamatan kabawetan kebupaten kepahiang (2). Mengetahui pengaruh faktor faktor kepercayaan diri yaitu faktor internal yang terdiri dari 1) Konsep diri, 2) Harga Diri, 3) Konsep Fisik dan faktor Eksternal yaitu 1) Pendidikan, 2) Pekerjaan, 3) lingkungan dan pengalaman hidup penyandang disabilitas dilingkungan masyarakat di kecamatan kabawetan kebupaten kepayang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan ditetapkan secara purposif, yaitu terdiri atas 5 orang informan utama yang merupakan penyandang disabilitas fisik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar penyandang disabilitas memiliki Kepercayaan diri yang positif walaupun awalnya memiliki kepercayaan diri yang negatif pada saat mengalami dan merasakan keterbatasannya yang dipengaruhi oleh persepsi dari dalam diri (in self) dan persepsi dari luar diri (out self).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 21 Nov 2021 16:05
Last Modified: 21 Nov 2021 16:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23122

Actions (login required)

View Item View Item