PENGARUH MODELPROBLEM BASED LEARNING (PBL)BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) PADA MATA PELAJARAN IPAS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELASV SD GUGUS XIIKOTABENGKULU

WIGA, FITRIA and Endang, Widi Winarni and Yusnia, Yusnia (2024) PENGARUH MODELPROBLEM BASED LEARNING (PBL)BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) PADA MATA PELAJARAN IPAS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELASV SD GUGUS XIIKOTABENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (skripsi)
SKRIPSI_WIGA FITRIA_A1G020099_PGSD_2024_full - wiga fitria.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Teka-Teki Silang (TTS) pada mata pelajaran IPAS terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V SD Gugus XII Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dan desain The Matching Only Pretest�Posttest Control Group Desain. Populasi penelitian adalah SDN Gugus XII Kota Bengkulu yang terakreditasi B. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 35 sebagai kelas eksperimen dan SD 99 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk tes pilihan ganda yang berjumlah 10 butir. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji inferensial/hipotesis (independent sample T-test) dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis nilai posttest diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen (73,08) dan kelas kontrol (55,36). Berdasarkan uji hipotesis pada posttest diperoleh nilai Sig. 2-tailed sebesar 0,003 < (0,05), artinya terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh model PBL berbantuan media TTS terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Kata kunci: model Problem Based Learning (PBL), media Teka-Teki Silang (TTS), IPAS, kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 30 Oct 2024 02:05
Last Modified: 30 Oct 2024 02:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23123

Actions (login required)

View Item View Item