ANALISIS KESEJAHTERAAN SOSIAL BURUH INDUSTRI KECIL PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pabrik Tahu, Kelurahan Cempaka Permai Kota Bengkulu)

Silitonga, Piskanita and Suparman, Suparman and Osira, Yessilia (2021) ANALISIS KESEJAHTERAAN SOSIAL BURUH INDUSTRI KECIL PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pabrik Tahu, Kelurahan Cempaka Permai Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI - PISKANITA SILITONGA (D1A016058).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Kesejahteraan sosial adalah sebagai suatu kondisi di mana orang dapat memenuhi kebutuhannya dan dapat berelasi dengan lingkungannya secara baik. Buruh industri yang bekerja di Pabrik Tahu TJ Saiful di Kelurahan Cempaka Permai untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya pada gaji yang diperolehnya setiap minggu atau bulannya. Pada saat pandemi covid-19 ini, buruh industri kecil mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut buruh pabrik tahu juga mencari pekerjaan tambahan agar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menggambarkan kesejahteraan buruh industri kecil pada masa pandemi covid- 19 di Kelurahan Cempaka Permai. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada 8 informan yang bekerja sebagai buruh industri di kelurahan Cempaka Permai yang mana penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel melalui teknik sampling jenuh serta pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menggambarkan bahwa sandang, perumahan, pangan, kesehatan dan relasi sosial yang harmonis merupakan kondisi dimana buruh dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Kesejahteraan sosial buruh industri kecil ini bersumber dari gaji yang diperoleh setiap minggu atau bulannya. Kondisi kesejahteraan sosial dapat dilihat dari terpenuhinya Sandang, Perumahan, Pangan, Kesehatan dan juga Relasi Sosial yang harmonis di lingkungannya. Dapat disimpulkan bahwa kesejahteraan buruh pada masa pandemi covid-19 dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dengan bekerja di pabrik tahu TJ Saiful di Kelurahan Cempaka Permai, Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 21 Nov 2021 16:05
Last Modified: 21 Nov 2021 16:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23123

Actions (login required)

View Item View Item