SUCI, RAHMADHANI and Dalifa, Dalifa and Atika, Susanti (2024) PENGARUH MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI SIKLUS AIR KELAS III SD GUGUS XIX KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (skripsi)
SUCI RAHMADHANI_A1G020120 - suci rahmadhani.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media diorama terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPAS materi siklus air kelas III SD gugus XIX Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Gugus XIX Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling, sehingga diperoleh kelas III A SD Negeri 103 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan kelas III A SD Negeri 69 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 10 butir dengan teknik pengumpulan data dalam bentuk Pretest dan Posttest. Pengambilan tes sebanyak 2 kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung pada kelas eksperiman dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan uji- t nilai Posttest siswa, sig. (2- tailed) bernilai 0,000 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil Posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang disebabkan karena adanya perlakuan kedua kelas yang berbeda. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media diorama terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPAS materi siklus air kelas III SD gugus XIX Kota Bengkulu. Kata kunci: Media Diorama, Siklus Air, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 02:14 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 02:14 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23125 |
Actions (login required)
View Item |