TRI, MULYANI and Nani, Yuliantini and Yusnia, Yusnia (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH BERBANTUAN FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SD NEGERI GUGUS III KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (skripsi)
Tri Mulyani_A1G020078_SKRIPSIdikompresi - Feby Aflorensi.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Index Card Match berbantuan Flash Card terhadap hasil belajar bahasa Indonesia kelas IV di SD Negeri Gugus III kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yaitu metode Quasi Experiment dengan desain penelitian The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD Negeri Gugus III Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh siswa kelas IV SD Negeri 57 Kota Bengkulu sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SD Negeri 48 Kota Bengkulu sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes yang berbentuk pilihan ganda berjumlah 10 soal. Pelaksanaan tes sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil perhitungan uji-t nilai posttest siswa, sig (2-tailed) 0,002 lebih kecil dari 0,05. Hal itu menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang disebabkan karena adanya perlakuan kedua kelas yang berbeda. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Index Card Match berbantuan Flash Card Terhadap hasil belajar bahasa Indonesia kelas IV di SD Negeri Gugus III Kota Bengkulu. Kata kunci: Model Index Card Match, Flash Card, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 02:27 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 02:27 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23127 |
Actions (login required)
View Item |