PARTISIPASI PENERIMA MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM KEGIATAN PENGORGANISASIAN MASYARAKAT DI KELURAHAN SUMBER JAYA KOTA BENGKULU

Putri, Selly Utami and Herlina, Muria and Putra, Nh.Jaya (2021) PARTISIPASI PENERIMA MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM KEGIATAN PENGORGANISASIAN MASYARAKAT DI KELURAHAN SUMBER JAYA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI SELLY.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Program Keluarga Harapan (PKH) yaitu program pemberian bantuan sosial kepada keluarga miskin. Sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi penerima manfaat program keluarga harapan dalam kegiatan pengorganisasian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Dengan informan sebanyak 11 orang, yang terdiri dari 1 orang pendamping PKH dan 10 orang keluarga penerima manfaat PKH, Informan dipilih berdasarkan purposive sampling, dengan kriteria. Memiliki ibu hamil/nifas/anak balita, memiliki anak SD sampai dengan SMA/Sederajat. penyandang disabilitas, dan lansia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga penerima manfaat berpartisipasi dalam pengorganisasian masyarakat, yaitu (1) Pengorganisasian Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), (2) Karang Taruna, (3) SIBAT (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat), (4) Kelompok Tani lahan hijau dan Kerohanian yaitu yasinan per RT, di temui bahwa dari 10 informan sebagian besar (6 informan) berpartisipasi langsung dalam pengorganisasian masyarakat, dan sebagian kecil (4 informan) tidak berpartisipasi dalam pengorganisasian yang ada di masyarakat Kelurahan Sumber Jaya. Kesimpulan tidak ada perbedaan antara masyarakat penerima manfaat program keluarga harapan dengan masyarakat secara umum untuk berpartisipasi dalam kegiatan pengorganisasian masyarakat, serta penerima manfaat merasakan adanya manfaat mengikuti/berpartisipasi dalam pengorganisasan dimasyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 21 Nov 2021 16:06
Last Modified: 21 Nov 2021 16:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23127

Actions (login required)

View Item View Item