PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARANBERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR PENGGERAK KOTA BENGKULU

VIVI, AYUDIA SARI and Neza, Agusdianita and Pebrian, Tarmizi (2024) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARANBERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR PENGGERAK KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (skripsi)
VIVI AYUDIA SARI & A1G020097_compressed - Vivi Ayudia Sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Pendekatan pembelajaran berdiferensiasi merupakan suatu cara untuk memenuhi kebutuhan setiap peserta didik sesuai dengan kemampuan, apa yang disukai, dan kebutuhannya masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa kelas V di Sekolah Dasar Penggerak Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasy experiment) dan desain penelitian The Matching Pretest�Posttest Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah Sekolah Dasar Penggerak Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 09 dan SDN 07 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu 5 soal kemampuan pemahaman matematika bentuk uraian yang diberikan melalui pretest dan posttest. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, analisis uji prasyarat, dan uji hipotesis menggunakan uji-t jenis Independent Samples t-test. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh thitung (4,584) > ttabel (2,002) dengan taraf signifikan 5%. Dengan rincian nilai rata�rata pretest pada kelas eksperimen sebesar 49,79 dan pada kelas kontrol sebesar 44,42. Kemudian nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 76,71 dan pada kelas kontrol sebesar 57,29. Hasil uji normalitas dan uji homogenitas nilai pretest-postest pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa. Kata Kunci: Pendekatan Berdiferensiasi, Kemampuan Pemahaman Matematika, Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 30 Oct 2024 02:36
Last Modified: 30 Oct 2024 02:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23128

Actions (login required)

View Item View Item