MODAL SOSIAL SEBAGAI MEKANISME DALAM MELAKSANAKAN KEBERFUNGSIAN SOSIAL (Studi Kasus Industri Rumah Tangga Batu Bata di Kelurahan Babatan, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma, Bengkulu)

Sagala, Triyuli Arta and Yunilisiah, Yunilisiah and Setiyanto, Agus (2021) MODAL SOSIAL SEBAGAI MEKANISME DALAM MELAKSANAKAN KEBERFUNGSIAN SOSIAL (Studi Kasus Industri Rumah Tangga Batu Bata di Kelurahan Babatan, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma, Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI - TRIYULI ARTA SAGALA (D1A016036).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Modal sosial terjadi karena adanya interaksi antar individu, kelompok, masyarakat maupun komunitas yang kemudian menjadi penopang sebagai sumber kekuatan masyarakat untuk melaksanakan keberfungsian sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui modal sosial sebagai mekanisme dalam melaksanakan keberfungsian sosial pada industri rumah tangga batu bata di Kelurahan Babatan, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma, Bengkulu. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskripsi. Informan berjumlah sepuluh orang, yang dimana satu orang ketua RT dan sembilan orang industri rumah tangga batu bata yang didapat melalui teknik purposive. Data diperoleh melalui observasi langsung, wawancara, dan studi dokumentasi. Modal sosial dalam penelitian ini dibagi dalam modal sosial anggota keluarga dan modal sosial antar keluarga dalam melaksanakan keberfungsian sosial. Hasil penelitian, modal sosial anggota keluarga dalam melaksanakan keberfungsian sosial lebih menekankan pada aspek nilai dan partisipasi dalam jaringan untuk melaksanakan fungsi sosial. Hasil penelitian, modal sosial antar keluarga dalam melaksanakan keberfungsian sosial lebih menekankan pada unsur kepercayaan, partisipasi dalam jaringan dan hubungan timbal balik dalam antar keluarga industri rumah tangga batu bata untuk melaksanakan keberfungsian sosial. Kesimpulan modal sosial merupakan kekuatan yang sangat penting dimiliki oleh industri rumah tangga baik dalam anggota keluarga maupun antar keluarga untuk memenuhi kebutuhan, menjalankan peran serta memecahkan masalah yang dihadapi. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar: 1) industri rumah tangga batu bata menjaga modal sosial yang sudah ada dengan baik dalam keluarga maupun antar keluarga industri rumah tangga batu bata dan mempertahankan serta memperkuat modal sosial sebagai sumber kekuatan untuk melaksanakan keberfungsian sosial; 2) Pemerintah daerah memberikan perhatian khusus terhadap industri rumah tangga batu bata dalam membantu memperbaiki akses jalan dan memberikan wadah untuk memasarkan hasil produksi batu bata ke masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 21 Nov 2021 16:06
Last Modified: 21 Nov 2021 16:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23129

Actions (login required)

View Item View Item