DAMPAK PERCERAIAN ORANG TUA TERHADAP EMOSI REMAJA (Studi Kasus di SMPN 20 Kelurahan Sukarami, Kecamatan Selebar Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu)

Devi Purba, Widia Friska and Darubekti, Nurhayati and Putra, Nh. Jaya (2021) DAMPAK PERCERAIAN ORANG TUA TERHADAP EMOSI REMAJA (Studi Kasus di SMPN 20 Kelurahan Sukarami, Kecamatan Selebar Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI Widia Friska Devi Purba (D1A015026).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Keluarga yang bahagia merupakan suatu hal yang sangat penting bagi emosi anak. Kebahagiaan akan diperoleh apabila keluarga dapat memerankan fungsinya secara baik. Perceraian berdampak kepada orang tua dan remaja. Emosi remaja yang orang tuanya bercerai akan berbeda dengan remaja yang orang tuanya tidak bercerai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana dampak perceraian orang tua terhadap emosi remaja. Penelitian dilakukan pada remaja di SMPN 20 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini ada sebanyak 12 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) remaja yang masih mendapatkan kasih sayang dan perhatian dari orang tuanya walaupun sudah bercerai menunjukkan emosi cinta, dan 2) remaja yang berharap dengan keputusan yang telah dibuat oleh orang tuanya dapat membuat mereka hidup bahagia menunjukkan emosi harapan. Sedangkan emosi negatif yang dirasakan oleh remaja yang orang tuanya bercerai yaitu: 1) emosi sedih, 2) emosi marah, 3) emosi tersinggung, 4) emosi cemburu dan 5) emosi malu. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan emosi remaja yaitu: perubahan jasmani, perubahan pola interaksi dengan orang tua, perubahan interaksi dengan teman sebaya, perubahan pandangan luar dan perubahan interaksi dengan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 21 Nov 2021 16:06
Last Modified: 21 Nov 2021 16:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23130

Actions (login required)

View Item View Item