KOMUNIKASI TERAPEUTIK PADA ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL (Studi Fenomenologi Pada Satgas Pendamping di Kabupaten Seluma)

Sukaisih, Meliantian and Firmansyah, Mas Agus and Alfarabi, Alfarabi (2021) KOMUNIKASI TERAPEUTIK PADA ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL (Studi Fenomenologi Pada Satgas Pendamping di Kabupaten Seluma). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
TESIS MELIATIAN SUKAISIH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui proses komunikasi yang dilakukan oleh satgas pendamping di Kabupaten Seluma. Penelitian ini menggunakan metode studi fenomenologi dengan penentuan partisipan secara purposive sampilng. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan obeservasi. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori johari window (jJndela Johari). Hasil penelitian ini adalah proses pengungkapan diri anak-anak korban melalui tahapan komunikasi terapeutik untuk membantu memecahkan masalah serta mengembalikan trauma psikis mental anak korban kekerasan seksual. Satgas pendamping menggunakan tahapan komunikasi terapeutik dan menggunakan strategi berbeda pada setiap area jendela Johari. Pada tahap prainteraksi senada dengan open area dimana satgas pendamping untuk mengungkap open area dengan bekerja sama pada P2TP2A, Kepolisian dan Pemerintahan desa. Pada tahap orientasi dan untuk mengungkap hidden area dengan menggunakan strategi membangun kepercayaan anak membuka diri dengan 1 menunjukkan sikap yang empati dan memberikan rasa aman dan nyaman dan untuk mengungkap blind area satgas pendamping memberikan respon yang maksimal agar anak dapat memberikan informasi yang kadang anak korban kekerasan seksual tidak mengerti apa yang mereka alami. Sementara pada tahap kerja senada dengan unknown area yang mana anak dan satgas pendamping tidak mengetahui bagaimana nasib anak korban pada masa yang akan datang namun satgas pendamping ikut membantu untuk membantu anak memecahkan permasalahannya. Tahap terakhir adalah tahap terminasi dimana pada hasil evaluasi satgas pendamping dapat mengakhiri pendampingan pada anak korban kekerasan seksual,

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 22 Nov 2021 14:09
Last Modified: 22 Nov 2021 14:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23140

Actions (login required)

View Item View Item