PENGARUH VIDEO TUTORIAL E-LEARNING MATA KULIAH FOTOGRAFI TERHADAP KOGNITIF MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FISIP UNIVERSITAS BENGKULU

Dwi Putra, Randa Aulia and Marwan, Azwar and Makrian, Andi (2021) PENGARUH VIDEO TUTORIAL E-LEARNING MATA KULIAH FOTOGRAFI TERHADAP KOGNITIF MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FISIP UNIVERSITAS BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI RANDA D1E016073.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi sasaran dalam penelitian ini adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu angkatan 2018 yang Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dengan kriteria responden yang melihat tayangan Video Tutorial E-learning Mata Kuliah Fotografi mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2018 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, maka didapat jumlah sampel sebanyak 74 responden. Pada penelitian ini yang menjadi indikatorpada variabel Independen (Bebas) pengaruh video tutorial e-learning mata kuliah fotografi adalah bagaimana Tampilan media, Unggahan Video, Informasi yang disajikan dan Bahasa. Sedangkan indikator pada variabel Dependen (Terikat) kognitif mahasiswa adalah pengertian dan pemahaman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh video tutorial e-learning mata kuliah fotografi terhadap kognitif mahasiswa ilmu komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Bengkulu dibuktikan dari hasil persamaan regresi linier sederhana didapati koefisien regresi (b) pengaruh video tutorial e-learning dengan angka yang positif. Dan nilai thitung 6,515 > ttabel 1,993 atau sig. (0,000) <alpha (0,05) adalah signifikan pada taraf signifikasi 5%, dengan demikian (H0 ditolak dan Ha diterima). Artinya bahwa ada pengaruh antara video tutorial terhadap kognitif mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 22 Nov 2021 14:10
Last Modified: 22 Nov 2021 14:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23142

Actions (login required)

View Item View Item