STRATEGI HUMAS PERGURUAN TINGGI DALAM MEMBANGUN REPUTASI (Studi Alih Status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu Menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Soekarno Bengkulu)

Fadli, Rohmad and Gushevinalti, Gushevinalti and Firmansyah, Mas Agus (2021) STRATEGI HUMAS PERGURUAN TINGGI DALAM MEMBANGUN REPUTASI (Studi Alih Status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu Menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Soekarno Bengkulu). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
TESIS AN. ROHMAD FADLI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Sebuah perguruan tinggi sudah pasti memerlukan pembangunan dan mengkomunikasikan reputasi positif kepada masyarakat sehingga dapat meningkatkan posisi perguruan tinggi di pasar yang sangat kompetitif. Pembangunan reputasi ini selalu berkaitan erat dengan peran publik relations atau hubungan masyarakat (humas) sebagai bagian yang mengelola dan memiliki posisi strategis di sebuah lembaga termasuk perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi branding Humas IAIN Bengkulu pada alih status IAIN Bengkulu menjadi UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu. Serta untuk mengetahui Strategi Humas IAIN Bengkulu membangun reputasi pada alih status IAIN Bengkulu menjadi UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata�kata tertulis ataupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Penelitian dilaksanakan di Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan Purposive sampling yaitu menentukan informan dengan pertimbangan tertentu yang dapat memberikan data secara maksimal. Hasil penelitian menyatakan bahwa strategi humas dalam upaya branding perguruan tinggi telah sesuai dengan visi, misi dan tujuan dari perguruan tinggi termasuk pada alih status IAIN Bengkulu menjadi Univeristas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Soekarno Bengkulu. Strategi branding hubungan masyarakat (humas) Institsut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu berperan penting pada branding alih status IAIN Bengkulu menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Soekarno Bengkulu agar dikenal oleh publik. Maka humas perguruan tinggi tentu memiliki strategi yang tepat seperti penggunaan teknologi yang saat ini sedang berkembang, sehingga dapat menarik minat publik yang berada di Bengkulu ataupun publik di luar Bengkulu untuk dapat melanjutkan pendidikan di IAIN Bengkulu yang akan beralih status menjadi UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu. Publisitas humas merupakan sebuah strategi yang dilakukkan subbag humas, publikasi dan dokumentasi IAIN Bengkulu dalam membangun reputasi. Stretegi dalam membangun reputasi dilakukan dengan menyajikan informasi kegiatan dan keunggulan melalui media resmi IAIN Bengkulu dan media yang bekerjasama dengan IAIN Bengkulu dalam membantu menyebarkan pemberitaan kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 22 Nov 2021 14:10
Last Modified: 22 Nov 2021 14:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23144

Actions (login required)

View Item View Item