PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENANGANI PERKELAHIAN SISWA (Studi kasus : Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Kota Bengkulu)

Hidayah, Alfi Nurul and Hanum, Sri Handayani and Himawati, Ika Pasca (2021) PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENANGANI PERKELAHIAN SISWA (Studi kasus : Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi_Alfi Nurul Hidayah_D1F014032.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Kota Bengkulu yang bertujuan untuk mendiskripsikan peran guru Bimbingan Konseling (BK) dalam menyelesaikan masalah perkelahian siswa di sekolah. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan berjumlah 6 (enam) orang yakni 4 (empat) siswa yang melakukan kolaborasi/perkelahian dan 2 (dua) orang guru BK selaku pembimbing dan orang yang menyelesaikan masalah siswa di sekolah. Untuk mendiskripsikan guru BK dalam menyelesaikan masalah siswa di sekolah, peneliti menggunakan teori struktural fungsionalisme. Penelitian menghasilkan informasi bahwa di SMKN 4 Kota Bengkulu, tercatat lebih dari 50% dari seluruh kasus berjumlah 603 kasus pelanggaran yaitu berkisar 303 kasus untuk perkelahian yang terjadi dalam kurun waktu 2 tahun 6 bulan pada tahun ajaran 2017/2018,2018/2019 dan 2019/2020, yang di dominasi oleh kasus perkelahian. Faktor penyebab para siswa berkelahi adalah karena adanya kesalahpahaman dan hasutan dari teman, faktor di lingkungan siswa yang sering berkelahi serta kurang tegasnya pihak sekolah dalam menerapkan aturan mengenai sanksi terhadap siswa yang berkelahi. Untuk menangani masalah ini guru BK menyelesaikannya melalui peran penyembuhan yaitu upaya guru BK dalam membantu menyelesaikan permasalahan siswa, peran perbaikan untuk membantu siswa dalam memperbaiki kekeliruan dalam berfikir, bertindak dan berperilaku, serta peran preventif yaitu upaya untuk mengantisipasi masalah berupa kasus perkelahian yang akan terjadi pada siswa dan cara menanggulanginya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 22 Nov 2021 14:10
Last Modified: 22 Nov 2021 14:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23149

Actions (login required)

View Item View Item