HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN PERILAKU BELAJAR SISWA DI SEKOLAH (Penelitian Pada Siswa Kelas XII SMAN 1 Kota Pagar Alam)

Setiawan, Hendra and Hanum, Sri Handayani and Himawati, Ika Pasca (2021) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN PERILAKU BELAJAR SISWA DI SEKOLAH (Penelitian Pada Siswa Kelas XII SMAN 1 Kota Pagar Alam). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI Hendra Setiawan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Riset ini bertujuan mengetahui hubungan dukungan sosial keluarga dengan perilaku belajar siswa di sekolah. Dukungan sosial keluarga dapat dilihat dari aspek dukungan emosional, dukungan penghargaan, dukungan instrumental, dan dukungan informasi sedangkan perilaku belajar dapat dilihat dari aspek perilaku belajar dalam mengikuti pelajaran, mengulangi pelajaran, membaca buku, mengunjungi perpustakaan, serta menghadapi ujian. Penelitian ini menggunakan teori peran dalam paradigma fakta sosial yang di mana apabila seseorang melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai dengan kedudukannya, dia menjalankan suatu peranan, tak ada peranan tanpa kedudukan atau kedudukan tanpa peranan. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan teknik simple random sampling meliputi 181 orang yang diambil dari 6 kelas dari siswa kelas XII. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebar melalui link google form. Data diolah dengan uji statistik korelasi product moment, untuk mengetahui nilai hubungan : Dukungan sosial keluarga berdasarkan uji statistik sangat berkorelasi positif dengan perilaku belajar siswa di sekolah pada taraf kepercayaan sebesar 99%. Dukungan informasi dengan persentase 8,53 % yang berupa (Orang tua memberikan saran dan nasihat, menjelaskan mengenai pelajaran di sekolah, serta bersedia mendengarkan keluh kesah anaknya di sekolah) merupakan bentuk dukungan terbesar yang diberikan orang tua kepada siswa, lalu disusul dengan dukungan instrumental sebesar 6,81 % seperti (orang tua memberikan fasilitas kelengkapan belajar, membantu menyiapkan keperluan sekolah, serta mendukung agar anak mengikuti les privat), dukungan penghargaan sebesar 5,38 % seperti (memberikan teguran dan pujian saat nilai anak baik atau buruk), dan dukungan emosional sebesar 5,20 % berupa (orang tua memberikan semangat belajar, mengatur waktu belajar, dan mendampingi belajar di rumah). Perilaku belajar siswa dengan skor yang tinggi menunjukan skor yang tinggi pula dalam dukungan sosial keluarga. Sebaliknya perilaku belajar siswa dengan skor yang rendah adalah berkaitan dengan dukungan sosial keluarga yang rendah pula.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 22 Nov 2021 14:10
Last Modified: 22 Nov 2021 14:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23153

Actions (login required)

View Item View Item