PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN JALAN USAHA TANI (Studi Kasus Desa Banyumas Baru Kecamatan Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara)

Hendri, Septa and Suminar, Panji and Hartati, Sri (2021) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN JALAN USAHA TANI (Studi Kasus Desa Banyumas Baru Kecamatan Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI SEPTA HENDRI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Pembangunan jalan di Desa Banyumas Baru merupakan program tahun 2017-2018 tentang perbaikan jalan yang menuju ke perkebunan warga masyarakat. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa khususnya pembangunan jalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik penentuan informan penelitian menggunakan snowball sampling (bola salju) karena memudahkan peneliti untuk mencari data dan berkembang mengikuti informasi atau data yang diperlukan. Pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa partisipasi masyarakat dalam pembangunan jalan melalui beberapa tahap; 1) Dalam tahap perencanaan pembangunan jalan melibatkan kehadiran masyarakat, kondisi dalam rapat serta suasana dalam rapat. Masyarakat dilibatkan untuk memberikan usulan maupun ide yang disampaikan serta membentuk tim pelaksana kegiatan (TPK) sehingga tim inilah yang nantinya akan melanjutkan ke tahap selanjutnya dan di tahap perencanaan ini juga yang nantinya survei lokasi serta menentukan lokasi jalan yang akan dibangun. 2) Pada tahap pelaksanaan masyarakat dilibatkan untuk memberikan sumbangan tenaga, materi serta harta benda yang digunakan dalam proses pembukaan pembangunan jalan, pemasangan plat deker, serta pengecoran badan jalan sampai selesai. 3) Tahap pengambilan manfaat, dalam tahap ini keterlibatan masyarakat dalam menggunakan hasil pembangunan tersebut digunakan oleh masyarakat setempat untuk beraktivitas berkebun dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. 4) Tahap evaluasi, masyarakat dilibatkan untuk melihat anggaran yang telah dikeluarkan dalam bentuk laporan akhir dana desa dan wujud jalan tersebut sebagai penilaian pada program pembangunan yang telah dicapai sehingga program pembangunan jalan mampu menjadikan kebutuhan ekonomi masyarakat menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 22 Nov 2021 14:11
Last Modified: 30 Nov 2021 04:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23161

Actions (login required)

View Item View Item