ALASAN MAHASISWA FISIP DALAM MEMILIH UKM PALASOSTIK SEBAGAI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER (Studi Pada Anggota Aktif Palasostik Angkatan 2019 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu)

Pratami, Yulia Agustin and Wardaya, Sulistya and Hartati, Sri (2021) ALASAN MAHASISWA FISIP DALAM MEMILIH UKM PALASOSTIK SEBAGAI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER (Studi Pada Anggota Aktif Palasostik Angkatan 2019 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI YULIA AGUSTIN PRATAMI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui alasan mahasiswa FISIP dalam memilih unit kegiatan mahasiswa Palasostik sebagai kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling yaitu berdasarkan pada subjek yang menguasai permasalahan, memiliki data dan bersedia memberikan informasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori pertukaran sosial yang dikemukakan oleh George Caspar Homans Berdasarkan teori pertukaran sosial menekankan cost and reward dimana UKM Palasostik dan Mahasiswa masing-masing mendapatkan keuntungan dari kepentingan pihak untuk mencapai tujuannya. Sehingga keuntungan yang didapatkan oleh UKM Palasostik seperti untuk menarik kader-kader baru untuk masuk dan bergabung ke UKM Palasostik sedangkan tujuan dari Mahasiswa sendiri untuk menambah pengetahuan, menambah relasi pertemanan, dan mengenal alam. Hasil penelitian alasan mahasiswa FISIP dalam memilih UKM Palasostik sebagai kegiatan ekstrakurikuler berasal dari alasan internal dan alasan eksternal bisa dilihat (1) Alasan internal di lihat dari mahasiswa yang menyalurkan hobinya dalam bidang pertualangan di Ukm Palasostik, keinginan mahasiswa untuk mengasah keterampilan berdasarkan pengalaman di masa lalunya yang pernah mengikuti organisasi serupa, dan adanya harapan mahasiswa untuk mendapatkan ilmu, pendidikan, menambah relasi pertemanan dan mengasah kemampuan dalam ketahan diri (2) Alasan eksternal dilihat dari mahasiswa pernah mengikuti sosialisasi perekrutan calon anggota UKM Palasostik, adanya ajakan dari teman-teman untuk mengikuti UKM Palasostik, mahasiswa mendapatkan informasi mengenai kegiatan Palasostik melalui sosial media, sehingga menarik minat mahasiswa untuk menjadi bagian dari anggota.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 22 Nov 2021 14:11
Last Modified: 06 Dec 2021 14:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23163

Actions (login required)

View Item View Item