LITERASI INFORMASI SISWA MENENGAH PERTAMA NEGERI 11 KELAS VII KOTA BENGKULU DALAM MEMANFAATKAN KEMAJUAN TEKNOLOGI

Fikri, Azizul and Setiyanto, Agus and Samosir, Fransiska Timoria (2021) LITERASI INFORMASI SISWA MENENGAH PERTAMA NEGERI 11 KELAS VII KOTA BENGKULU DALAM MEMANFAATKAN KEMAJUAN TEKNOLOGI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI AZIZUL FIKRI (D1B014013).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Literasi Informasi Siswa Menengah Pertama Negeri 11 Kelas Vii Kota Bengkulu Dalam Memanfaatkan Kemajuan Teknologi. Tujuan penelitian mengetahui kemampuan literasi informasi siswa kelas VII SMP N 11 Kota Bengkulu dalam memanfaatkan kemajuan tekhnologi, peneliti menemukan dari beberapa siswa belum mengerti apa itu literasi informasi tetapi mereka sudah menggunakan kemajuan tekhnologi sebagai alat pemenuhan kebutuhan informasi. Penelitian ini menggunakan teori model literasi colorado yang mengacu pada standar kompetensi siswa Sekolah Menengah Pertama(SMP). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Beberapa langkah yang diambil dalam menganalisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakkan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian mengacu pada standar kompetensi literasi informasi model colorado. 1) mengembangkan atau mengikuti suatu rencana penelitian tertentu, siswa melakukan pencarian informasi di internet dengan alasan untuk menyelesaikan tugas sekolah, 2) mengembangkan pertanyaan yang penting terkait dengan suatu topik siswa belum sepenuhnya mengerti bagaimana cara memilah dan menganalisa informasi dengan benar, 3) mengidentifikasi sebuah kata kunci dalam pencarian, siswa belum mampu untuk menentukan kata kunci dengan tepat, 4) menggunakan bahan referensi/rujukan yang berbentuk tercetak maupun non cetak, siswa berhasil menentukan strategi pencarian informasi, 5) menggunakan internet dalam kegiatan penelusuran, siswa berhasil mendapatkan informasi menggunakan dan mengorganisasikan internet akan tetapi siswa hanya melakukan dengan cara mereka sendiri tanpa didampingi orang tua maupun guru, 6) membuat catatan dan mensintesis informasi menjadi hasil yang bermakna, siswa mampu melakukan tindakan pada informasi yang diperoleh akan tetapi siswa belum bisa mengolah hasil informasi dengan baik, 7) mengevaluasi informasi dari sisi konten, akurasi, dan relevansi dengan topik, siswa menyalin hanya informasi yang mereka anggap benar, siswa belum mengerti tentang bagaimana proses dan tahapan dari menyalin juga mengutip suatu informasi dengan benar, 8) menunjukkan kemampuan untuk menyusun sebuah bibliografi formal, siswa hanya menggunakan tanpa mengenali cara menyusun bibliografi yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Library
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:35
Last Modified: 06 Dec 2021 14:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23173

Actions (login required)

View Item View Item