PEMANFAATAN MENDELEY SEBAGAI MANAJEMEN REFERENSI PADA PENULISAN SKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PERPUSTAKAAN DAN SAINS INFORMASI UNIVERSITAS BENGKULU

Cahnia, Zelika Anggun and Darubekti, Nurhayati and Samosir, Fransiska Timoria (2021) PEMANFAATAN MENDELEY SEBAGAI MANAJEMEN REFERENSI PADA PENULISAN SKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PERPUSTAKAAN DAN SAINS INFORMASI UNIVERSITAS BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI ZELIKA D1B015016.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Mendeley adalah aplikasi manajemen referensi yang digunakan untuk membantu membuat sitasi dan daftar pustaka pada penulisan karya ilmiah. Penelitian ini membahas tentang Pemanfaatan Mendeley sebagai manajemen referensi pada penulisan skripsi mahasiswa program studi Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan Mendeley sebagai manejemen referensi pada penulisan skripsi mahasiswa perpustakaan dan sains informasi. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi Perpustakaan dan Sains Informasi angkatan 2015 dan 2016. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan hasil dari 5 indikator yang meliputi : 1) memudahkan pekerjaan (makes job easier), semua informan merasa mudah mempelajari dan menggunakan Mendeley, 2) mempercepat pekerjaan (work more quickly), semua informan merasa terbantu dan lebih cepat menulis sitasi dan daftar pustaka menggunakan Mendeley, 3) meningkatkan produktivitas (increase productivity), semua informan merasa Mendeley mampu meningkatkan produktivitas informan, 4) meningkatkan kinerja pekerjaan, semua informan merasa Mendeley meningkatkan kinerja pekerjaan karena menggunakan Mendeley dapat mengurangi kesalahan-kesalahan yang terjadi pada penulisan daftar pustaka karena kekeliruan dan kelalaian informan 5) efektivitas (effectiveness), ada kepuasan dari semua informan terhadap penggunaan Mendeley dan semua informan menyarankan agar orang lain juga menggunakan Mendeley.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Library
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:35
Last Modified: 30 Nov 2021 03:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23183

Actions (login required)

View Item View Item