ANALISIS SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PINGGIRAN HUTAN LINDUNG BUKIT DAUN ( Studi Kasus Desa Tanjung Alam Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu)

Ulhaqiyah, Asyifa and Herlina, Muria and Setiyanto, Agus (2021) ANALISIS SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PINGGIRAN HUTAN LINDUNG BUKIT DAUN ( Studi Kasus Desa Tanjung Alam Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ASYIFA ULHAQIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Hutan merupakan sumber kekayaan alam yang mempunyai peranan penting bagi kehidupan manusia karena mampu menghasilkan barang dan jasa serta dapat menciptakan kestabilan lingkungan. Banyak lahan hutan digunakan untuk kepentingan lain, seperti pertanian, perkebunan, pemukiman, industri dan penggunaan lainnya. Negara Indonesia merupakan negara agraris yaitu negara pertanian. Diketahui bahwa dalam masyarakat agraris di mana kehidupannya masih tergantung pada hasil produksi tanah sebagai sarana produksi pokok dan memiliki corak yang homogen dalam mata pencaharian yaitu sebagai petani. Masyarakat yang hidup berdampingan dengan kawasan hutan tentulah mempengaruhi cara pandang kehidupan sosial dan kebudayaan. Hal ini tergambar pada pola sosial mereka yang begitu dekat dengan hutan, salah satu contohnya yaitu masyarakat sangat menggantungkan sumber-sumber pangan dan obat-obatan dari hasil hutan sehingga mata pencarian penduduknya adalah petani hutan. Mayoritas masyarakat Tanjung Alam adalah masyarakat dengan bermata pencarian sebagai petani, yang kehidupannya bergantung pada hutan mempengaruhi kondisi sosial ekonomi terhadap kesejahteraan masyarakat pinggiran Hutan Lindung Bukit Daun.. Tingkat pendidikan masyarakat Desa Tanjung Alam masih tergolong rendah, hal ini menyebabkan masyarakat tidak punya pilihan pekerjaan lain kecuali sebagai petani. Golongan usia masyarakat Tanjung Alam tergolong dalam usia produktif sehingga potensi melakukan aktifitas sosial dan ekonomi masih relatif tinggi yang berpotensi untuk beraktivitas secara maksimal, memiliki semangat dan kreatif mencari berbagai usaha yang dapat menambah penghasilan dalam rangka memenuhi kebutuhan keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 06 Dec 2021 14:27
Last Modified: 06 Dec 2021 14:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23188

Actions (login required)

View Item View Item