ANALISA KESEJAHTERAAN NELAYAN TRADISIONAL DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Di Kelurahan Malabero Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu)

Wiharto, Edho Panca and Osira, Yessilia and Putra, Nh Jaya (2021) ANALISA KESEJAHTERAAN NELAYAN TRADISIONAL DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Di Kelurahan Malabero Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI full EDHO PANCA WIHARTO S.SOS (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sejak mewabahnya Virus Covid-19 di Indonesia diawal tahun 2020, maka kondisi tersebut membuat banyak sektor kehidupan masyarakat mengalami dampaknya terutama pada sektor perekonomian masyarakat Indonesia. Hal yang sangat berdampak dari pandemi ini yaitu sektor ekonomi dari masyarakat yang menggantungkan hidupnya sebagai pelaku usaha-usaha kecil dan menengah (UMKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kesejahteraan Nelayan Tradisional Dari Segi Pendapatan Dalam Pemenuhan Kebutuhan Dasar Di Masa Sebelum dan Sesudah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Kelurahan Malabero Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian ini melibatkan 5 orang sebagai informan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi yang terjadi pada saat ini kepada kelima informan yang merupakan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kelurahan Malabero bahwa dapat disimpulkan semenjak adanya pandemi Covid-19 empat dari lima informan mengalami perubahan dalam pemenuhan kebutuhan pangan keluarga, yang mana keempat informan dimasa sebelum pandemi masih dapat memenuhi kebutuhan dengan membeli daging namun setelah dimasa pandemi Covid-19 yang dilihat melalui ketiga pendekatan baik dari pendekatan produksi, pendekatan pendapatan serta pendekatan pengeluaran telah mengalami perubahan pada aspek pendapatan yang sangat berpengaruh pada kemampuan untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga mereka. Sedangkan satu informan lainnya meskipun mengalami perubahan pada ketiga pendekatan tapi tidak mengalami perubahan yang signifikan dalam hal pemenuhan kebutuhan pangan. Rekomendasi penelitian ini ditujukan kepada dinas Koperasi dan UKM Kota Bengkulu untuk dapat membantu para pelaku usaha di kawasan Kelurahan Malabero dalam mengembangkan usaha olahan ikan asin yang mereka miliki sehingga dapat meningkatkan hasil pendapatan mereka terutama dimasa pandemi Covid-19 sehingga para pelaku usaha di Kelurahan Malabero mampu untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga secara baik kembali agar mencapai taraf hidup yang lebih baik dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 06 Dec 2021 14:27
Last Modified: 06 Dec 2021 14:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23191

Actions (login required)

View Item View Item