Peran Yayasan Pesona Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) Yang Tergabung Dalam Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) Rafflesia Support

Simanjuntak, Jonatan and Yunilisiah, Yunilisiah and Siregar, Rosi L.V (2021) Peran Yayasan Pesona Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) Yang Tergabung Dalam Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) Rafflesia Support. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
JONATAN 12 JULI 2021 - Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Yayasan PESONA merupakan salah satu lembaga yang menangani Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA), dalam hal ini Yayasan PESONA bertujuan meningkatkan kualitas hidup ODHA dengan tujuan agar Orang Degan HIV/AIDS (ODHA) dapat berdaya dan memiliki kualitas hidup yang sama pada manusia umumnya. Adanya stigma, diskriminasi, dan pengucilan banyak di alami Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) pada umumnya, serta kurangnya dukungan dari orang-orang terdekat menjadikan ODHA merasa putus asa. Oleh sebab itu Yayasan PESONA memiliki program-program yang di harapkan mampu meningkatkan kualitas hidup dari ODHA itu sendiri. Program yang dilakukan yaitu dengan melakukan Penjangkauan, melakukan Pendampingan, meningkatkan psikologis ODHA melalu program konseling, home visit, life skill. penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran Yayasan PESONA dalam meningkatkan kualitas hidup Orang Dengan HIV/AIDS yang tergabung dalam Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) Rafflesia Support. Peneliti menggunakan penelitian deskriptif dengan metodek kualitatif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Informan terdiri dari 8 orang yang di wakili oleh pekerja sosial, konselor, Direktur Yayasan PESONA, dan ODHA yang tergabung dalam Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) rafflesia Support. Hasil penelitian yang didapat adalah adanya hambatan yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu pendaanan yang kurang dalam melakukan kegiatan, pembagian nutrisi dan keterampilan tidak merata sehingga dapat menimbulkan kecemburuan sosial, untuk mengatasi masalah ini Yayasan PESONA sebaiknya meminta atau memberikan proposal kepada pemerintah untuk kebutuhan yang dibutuhkan oleh ODHA kususnya dalam meningkatkan kualitas hidup, Yayasan PESONA memberikan proposal pendanaan agar dana yang diperlukan oleh Yayasan PESONA dalam meningkatkan kualitas hidup ODHA dapat di berikan oleh pemerintah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 06 Dec 2021 14:27
Last Modified: 06 Dec 2021 14:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23192

Actions (login required)

View Item View Item