COPING STRATEGI KELUARGA PEMULUNG DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di TPA Air Sebakul Kelurahan Sukarami Kecamatan Selebar Kota Bengkulu)

M.Ramadani, and Osira, Yessilia and Putra, Nh Jaya (2021) COPING STRATEGI KELUARGA PEMULUNG DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di TPA Air Sebakul Kelurahan Sukarami Kecamatan Selebar Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI M RAMDHANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pekerjaan sebagai Pemulung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Air Sebakul Kota Bengkulu telah dijalani oleh para informan selama kurang lebih lima tahun, dimana mayoritas keluarga dikawasan ini yang menjadi pemulung merupakan mata pencaharian utama mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Coping Strategi Keluarga Pemulung Dalam Pemenuhan Kebutuhan dasar Pada Masa Pandemi Covid-19 di TPA Air Sebakul Kelurahan Sukarami Kecamatan Selebar Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian ini melibatkan 11 orang sebagai informan yamg dipilih menggunakan purposive sampling. Dari Coping Strategi keluarga pemulung dalam pemenuhan kebutuhan dasar yang meliputi kebutuhan sandang, pangan, papan, pendidikan anak dan kesehatan di masa pandemi Covid-19 secara garis besar dari ke-5 kebutuhan dapat dikatakan 3 kebutuhan yang terpenuhi dan 2 kebutuhan tidak dapat terpenuhi diakibatkan dari dampak pandemi Covid-19 yang telah mereka rasakan sejak penularannya terjadi di Kota Bengkulu. Dari ke-5 kebutuhan dasar tersebut 11 informan hanya dapat memenuhi kebutuhan akan papan dan kesehatan dimasa pandemi Covid-19 yang mana kebutuhan papan tersebut tetap dapat mereka penuhi dengan menerapkan Coping Strategi Planful Problem Solving. Lalu 11 informan juga tetap dapat memenuhi kebutuhan kesehatan sejak sebelum dan sesudah pandemi Covid-19 dengan menerapkan Srategi Coping Seeking Social Support. Dalam pemenuhan kebutuhan sandang pada 11 informan sebelum pandemi Covid-19 masih terpenuhi, namun dimasa pandemi Covid-19 yang mana dari 11 informan hanya 2 informan saja yang menerapkan Coping Strategi Seeking Social Support dan 9 informan lainnya menerapkan Coping Strategi Planful Problem Solving. Untuk pemenuhan kebutuhan pangan 11 informan menerapkan Coping Strategi Planful Problem Solving. Namun dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan anak dari 11 informan hanya 2 informan dapat memenuhi kebutuhan pendidikan anaknya dan 9 informan lainnya kurang terpenuhi. Rekomendasi penelitian ini ditujukan kepada Dinas Kebersihan Kota Bengkulu hendaknya terus melakukan perbaikan manajemen pengelolaan sampah, sehingga dapa membantu keluarga pemulung dalam mencapai taraf hidup yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 06 Dec 2021 14:28
Last Modified: 06 Dec 2021 14:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23193

Actions (login required)

View Item View Item