PROGRAM REHABILITASI SOSIAL LANJUT USIA (PROGRES-LU) DALAM MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL LANJUT USIA DI KOTA BENGKULU (Studi kasus: Binaan Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia Payung Besurek jl Seruni,RT 09 NO 68 Nusa Indah Kota Bengkulu)

Nahampun, Mawi Susanti and Putra, Nh Jaya and Osira, Yessilia (2021) PROGRAM REHABILITASI SOSIAL LANJUT USIA (PROGRES-LU) DALAM MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL LANJUT USIA DI KOTA BENGKULU (Studi kasus: Binaan Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia Payung Besurek jl Seruni,RT 09 NO 68 Nusa Indah Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI MAWI SUSANTI NAHAMPUN FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Kesejahteraan sosial merupakan suatu kondisi dimana terpenuhinya kebutuhan dasar seseorang dan dapat melakukan interaksi dengan lingkungannya serta dapat berfungsi secara sosialnya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesejahteraan sosial lanjut usia melalui program rehabilitasi sosial lanjut usia(progres-lu). Jenis penelitian ini adalah bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini sebanyak 11 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Untuk analisis data, penulis menggunakan tehnik dari analisa data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan program ini belum maksimal memberikan kesejahteraan sosial kepada lanjut usia. Hal ini dilihat dari 5 pelayanan program progres-lu, yaitu: a. manajemen kasus, b. Pemenuhan kebutuhan dasar, c.terapi, d. perawatan sosial, e. dukungan keluarga. Dari 5 pelayanan hanya 2 pelayanan yang terlaksana dengan baik yaitu pelayanan terapi dan perawatan sosial, sementara yang 3 pelayanan lagi kurang terlaksana dengan baik. Pelaksanaan program ini berdampak terhadap kesejahteraan sosial lanjut usia yang dilihat dari 3 indikator kesejahteraan sosial lanjut usia yaitu terpenuhinya kebutuhan material, kebutuhan spiritual, dan kebutuhan sosial, semua dari indikator kesejahteraan sosial menunjukkan kurang terpenuhinya kesejahteraan sosial lanjut usia dengan baik. Penelitian ini merekomendasikan agar program rehabilitasi sosial lanjut usia(progres-lu) dapat terlaksana dengan baik sehingga kesejahteraan sosial lanjut usia terpenuhi dapat dilakukan dengan cara: a. penambahan dana program, b. pelaksana program yang teliti, c. pengidentifikasian masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 06 Dec 2021 14:28
Last Modified: 06 Dec 2021 14:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23194

Actions (login required)

View Item View Item