STRATEGI BERTAHAN HIDUP PEDAGANG KAKI LIMA DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus: Kawasan Kampus Universitas Bengkulu, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kelurahan Kandang Limun)

Oktavia, Tri and Syamsudin, Cucu and Putra, Nh Jaya (2021) STRATEGI BERTAHAN HIDUP PEDAGANG KAKI LIMA DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus: Kawasan Kampus Universitas Bengkulu, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kelurahan Kandang Limun). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI Tri Oktavia D1A016017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Covid-19 (coronavirus disease 2019) adalah jenis penyakit baru yang sering disebut virus Corona. dampak covid-19 masih terus dirasakan masyarakat yang bekerja di sektor informal sebagai pedagang kaki lima yang mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. dampak Covid-19 mengakibatkan pedagang kaki lima kebingungan karena pendapatan menurun. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bertahan hidup pedagang kaki lima di masa pandemi Covid 19 di Kawasan Kampus Universitas Bengkulu Kelurahan Kandang Limun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, Informan dalam penelitian ini terdapat 8 informan yang menjadi sumber pengumpulan informasi. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pedagang kaki lima menerapkan tiga strategi untuk tetap bertahan hidup dan memenuhi kebutuhan keluarga. Strategi aktif pedagang kaki lima yaitu menambah jam kerja dan memanfaatkan peran anggota keluarga. Peran anggota keluarga adalah isteri dan anak ikut bekerja. lalu strategi pasif menerapkan pola hemat. menerapkan budaya hidup hemat seperti makan dengan lauk seadannya. pedagang kaki lima juga menggunakan strategi jaringan dengan cara meminta bantuan kepada kerabat, tetangga dan relasi lainnya baik secara formal maupun informal. Para pedagang kaki lima umumnya meminjam uang ke koperasi keliling. Kesimpulan yang didapat bahwa pedagang kaki lima menerapkan strategi jaringan yang bersifat negatif. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan Pekerja sosial dapat berperan sebagai broker dengan sistem sumber yang dibutuhkan maupun stake holder yang dapat membantu dalam proses penanganan. seperti menghubungkan masalah pedagang kaki lima ini kepada pemerintah, sehingga pemerintah dapat membuat kebijakan yang tepat terkait masalah yang dihadapi oleh pedagang kaki lima. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan masukan bagi stakeholder seperti kebijakan pemerintah dalam pengentasan kemiskinan. Berbagai macam program dan bantuan sosial pemerintah seperti program keluarga harapan (PKH), Bantuan sosial pangan, bantuan pangan non tunai, dan program bantuan lainnya. Program yang diberikan pemerintah sebagai stimulan untuk selanjutnya pedagang berusaha keras menjadi lebih sejahtera dan tidak ketergantungan pada program tersebut. Dengan demikian pedagang kaki lima dapat memiliki keberlangsungan hidup, berdaya, serta memiliki ketahanan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 06 Dec 2021 14:28
Last Modified: 06 Dec 2021 14:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23196

Actions (login required)

View Item View Item