ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA JURNALISTIK PADA PEMBERITAAN KRIMINAL (Studi Komparatif Pada Media Online Bengkuluekpress.com dan Tribratanewsbengkulu.com Edisi Januari - Maret 2021)

Br Sembiring, Erika Wati and Prashada, Danurseto H. and Saragih, Rasianna Br. (2021) ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA JURNALISTIK PADA PEMBERITAAN KRIMINAL (Studi Komparatif Pada Media Online Bengkuluekpress.com dan Tribratanewsbengkulu.com Edisi Januari - Maret 2021). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Erika Skripsi CD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan membandingkan penggunaan bahasa jurnalistik indonesia media online bengkuluekpress.com dan tribratanewsbengkulu.com. Kedua media online ini adalah dua media yang sangat berbeda, Bengkuluekspress.com adalah sebuah Perusahaan pers dengan SIUPP (Surat Izin Usaha Penerbitan Pers) No.367/SK/MENPEN/SIUPP/1998 di bawah naungan PT Bengkulu Sinar Grafika, sedangkan media online tribratanewsbengkulu.com adalah sebuah media yang terlahir di bawah naungan Kepolisian Negara Republik Indonesia. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori pedoman bahasa jurnalistik, adapun teknik analisis yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif, menurut (Sugiono, 2009:29), dan pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis dari data dari halaman web. Data dari penelitian ini bersumber dari bengkuluekpress.com dan tribratanewsbengkulu.com, jumlah berita yang diteliti masing-masing 6 berita kriminal pencurian dengan peristiwa yang serupa dari kedua media tersebut. Hasil Penelitian menunjukkan bagaimana perbandingan pada penggunaan bahasa jurnalistik, bengkuluekpress.com menggunakan bahasa yang lebih santun, tidak menggunakan ungkapan klise, lebih meminimalisir penggunaan akronim, lebih sedikit menggunakan kata mubazir dan pemilihan kata sesuai dengan EYD dibandingkan dengan media tribratanewsbengkulu.com.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Jurnalism
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 06 Dec 2021 14:28
Last Modified: 06 Dec 2021 14:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23200

Actions (login required)

View Item View Item