PENGARUH PEMBERITAAN KRIMINAL TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT (STUDI PADA PROGRAM SIARAN “PEKARO” RBTV TERHADAP MASYARAKAT DESA UJUNG KARANG)

Anggita Hasibuan, Jeriza Dita and Alfarabi, Alfarabi and Sari, Eka Vuspa (2021) PENGARUH PEMBERITAAN KRIMINAL TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT (STUDI PADA PROGRAM SIARAN “PEKARO” RBTV TERHADAP MASYARAKAT DESA UJUNG KARANG). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
jeriza dita skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tayangan berita kriminal Pekaro di RBTV terhadap persepsi masyarakat Desa Ujung Karang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori cultivation, penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif guna mencari pengaruh sebab akibat dari variabel yang diteliti. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner tertutup. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 93 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Data diolah secara manual dan juga dengan menggunakan bantuan software Microsoft Excel 2010. Hasil analisis data dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif Pemberitaan Kriminal Pekaro di RBTV terhadap Persepsi masyarakat Desa Ujung Karang. Persepsi tersebut dipengaruhi oleh pemberitaan kriminal Pekaro sebesar 1,74%, sedangkan 98,26% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini dan pengaruh ini berada pada taraf rendah. Faktor tertinggi dari variabel X berasal dari indikator frekuensi 26,71%, kemudian indikator Durasi 17,77%, dan indikator Atensi 15,93% dan untuk variabel Y berasal dari indikator Perhatian 23,89% kemudian indikator Pengetahuan 19,31%, dan indikator Penafsiran 18,69% Teori cultivation ini terbukti karena terdapatnya pengaruh pemberitaan kriminal Pekaro terhadap Persepsi masyarakat Desa Ujung Karang.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Jurnalism
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 06 Dec 2021 14:28
Last Modified: 06 Dec 2021 14:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23203

Actions (login required)

View Item View Item