PERSPEKTIF JURNALISME GENDER PADA PEMBERITAAN KEKERASAN SEKSUAL DI MEDIA ONLINE DETIK.COM ( Analisis Framing Robert N Entman )

Widiyarti,, Lisa and Adhrianti, Lisa and Yulianti, Yulianti (2021) PERSPEKTIF JURNALISME GENDER PADA PEMBERITAAN KEKERASAN SEKSUAL DI MEDIA ONLINE DETIK.COM ( Analisis Framing Robert N Entman ). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi - Septi Widiyarti -(D1C017103).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan bagaimana jurnalisme perempuan dalam pemberitaan kekerasan seksual terhadap perempuan di media online Detik.com edisi 2020. Bagaimana media online Detik.com membingkai pemberitaan kekerasan seksual terkait isu kekerasan terhadap perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sebagai jenis penelitian. Penentuan informan pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara Studi Dokumen (Dokumen Rescarch) dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teori framing milik Robert N Entman yang digunakan untuk menganalisa bagaimana sesuatu media membingkai sesuatu kejadian maupun suatu kebijakan tertentu yang jadi atensi khalayak oleh media online Detik.com. Penelitian ini menggunakan absah data triangulasi sumber. Hasil yang didapatkan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada media online Detik.com Detik.com memaparkan fakta yang dipilih dan didominasi oleh kata atau kalimat yang tidak berperspektif gender. Detik.com ini hanya mengambil kutipan dan tidak memilih/memilah kalimat yang melindungi korban. Sehingga jurnalisme berperspektif gender yang mengharuskan bahwa posisi dari kekerasan perempuan itu sebagai korban itu tidak dimunculkan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Jurnalism
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 06 Dec 2021 14:29
Last Modified: 06 Dec 2021 14:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23211

Actions (login required)

View Item View Item