HUBUNGAN KUALITAS PEMBELAJARAN DARING DENGAN TINGKAT PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

Savitri, Dina and Sunaryanto, Hery and Purwaka, Purwaka (2021) HUBUNGAN KUALITAS PEMBELAJARAN DARING DENGAN TINGKAT PRESTASI BELAJAR MAHASISWA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI DINA SAVITRI D1F017033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pembelajaran daring dengan tingkat prestasi belajar pada mahasiswa Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bengkulu. Penelitian ini dilakukan agar dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi terkait kualitas pembelajaran daring dengan tingkat prestasi belajar pada mahasiswa Sosiologi. Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya perubahan sistem pembelajaran dari tatap muka menjadi pembelajaran secara daring yang memiliki hambatan dalam proses belajarnya sehingga mempengaruhi prestasi yang akan didapatkan oleh mahasiswa.Kualitas pembelajaran daring dilihat dari aspek kemudahan akses dalam mengikuti pembelajaran, kejelasan dan pemahaman terhadap materi yang dijelaskan pengajar dan kedisiplinan mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran daring. Sedangkan prestasi belajar dilihat dari Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang diperoleh mahasiswa. Penelitian ini menggunakan paradigma Fakta Sosial dengan teori Fungsionalisme Struktural Robert K. Merton. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan teknik proportional random sampling dengan sampel sebanyak 136 orang mahasiswa dari angkatan 2018, 2019 dan 2020. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik analisis Korelasi Product Moment untuk menjelaskan kekuatan dan arah hubungan antara dua variabel. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan positif antara kualitas pembelajaran daring dengan tingkat prestasi belajar mahasiswa. Hasil penelitian sesuai dengan hipotesis dalam penelitian ini yang menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara kualitas pembelajaran daring dengan tingkat prestasi belajar mahasiswa. Dilihat dari hubungan kualitas pembelajaran daring dengan prestasi belajar mahasiswa menunjukkan hasil hitung lebih besar yaitu 0,234 dengan tabel kritis yaitu 0,159 (0,234 > 0,159) pada taraf kepercayaan 95%. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kualitas pembelajaran daring pada mahasiswa Sosiologi sudah cukup baik, 71% mahasiswa memiliki kualitas pembelajaran daring dalam kategori sedang dan 65% mahasiswa mendapatkan IPK yang berada pada kategori sedang yaitu antara (2,90<=IPK<3,45)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 06 Dec 2021 14:30
Last Modified: 06 Dec 2021 14:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23217

Actions (login required)

View Item View Item