IDENTIFIKASI NILAI SOSIAL DALAM KERANGKA INTEGRASI PADA MASYARAKAT MULTIETNIS ( Studi Di Desa Suka Bumi, Kecamatan Lebong Sakti, Kabupaten Lebong )

Yuliani, Rahma and Wardaya, Sulistya and Himawati, Ika Pasca (2021) IDENTIFIKASI NILAI SOSIAL DALAM KERANGKA INTEGRASI PADA MASYARAKAT MULTIETNIS ( Studi Di Desa Suka Bumi, Kecamatan Lebong Sakti, Kabupaten Lebong ). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI RAHMA YULIANA - D1F017006_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasikan mengenai nilai-nilai sosial pada masyarakat multietnis yang didasarkan pada integrasi yang terjadi pada masyarakat yang ada di Desa Suka Bumi dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Fokus kajian diarahkan pada nilai-nilai sosial pada masyarakat yang saling berbeda suku di Desa Suka Bumi. Informan ditentukan secara snowball sampling, meliputi masyarakat yang saling berbeda suku diantaranya informan dari suku Jawa, suku Rejang, suku Minang, suku Sunda, suku Serawai dan suku Batak. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara semi terstuktur, dan dokumentasi. Data yang diperoleh direduksi dalam kelompok jawaban sejenis maupun dicatat variasinya dan kemudian diverifikasi untuk mendapatkan kesahihan data dan mencukupi kebutuhan jawaban atas masalah penelitian. Kesimpulan sebagai proses akhir penelitian disusun setelah semua data selesai ditelaah dengan menggunakan teori tindakan sosial dari Max Weber sebagai paradigma definisi sosial. Penelitian menghasilkan informasi bahwa nilai sosial pada masyarakat multietnis yang ada di Desa Suka Bumi ini yaitu pada masyarakat Suku Jawa terdapat Nilai kemanusiaan yang mana dalam hidup kita harus memiliki manfaat bagi orang lain dan nilai kebersamaan tercermin dari kegiatan gotong-royong, masyarakat akan saling berkumpul dan berinteraksi bersama. Nilai sosial pada suku Rejang yaitu nilai kebersamaan yang tercermin dari acara pernikahan, masyarakat akan bersama-sama menyelesaikan kegiatan yang dilakukan dan nilai kerja sama tercermin dari kegiatan tegak tarub. Nilai sosial pada suku Minang yaitu nilai kerja keras dan mandiri dan nilai budi pekerti. Nilai sosial pada suku Sunda yaitu nilai sopan santun dan nilai kasih sayang. Nilai sosial pada suku Serawai yaitu adanya nilai peduli sosial, dan nilai sosial pada suku Batak yaitu adanya nilai toleransi. Pada nilai yang bersumber dari Tuhan terdapat persamaan keyakinan dan juga kepercayaan dalam masyarakat. Dan pada nilai yang bersumber dari Individu terdapat hubungan bahwa sebagai individu kita tidak dapat hidup sendiri, melainkan membutuhkan orang lain. Dan pada nilai yang bersumber dari masyarakat terdapat hubungan dalam persamaan kepentingan ata tujuan yang ingin dicapai. Dan nilai-nilai sosial yang ada pada masyarakat multietnis di desa ini merupakan suatu bentuk integrasi yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat di Desa Suka Bumi, dan dengan adanya integrasi pada masyarakat yang multietnis ini akan membuat rasa kekeluargaan, solidaritas, kebersamaan dan kesetiakawanan yang ada menjadi semakin erat melalui berbagai kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat dalam kehidupan bermasyarakatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 06 Dec 2021 14:30
Last Modified: 06 Dec 2021 14:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23223

Actions (login required)

View Item View Item