Interaksi Keluarga Dengan Lansia Yang Tinggal di Panti Sosial Tresna Werdha ( Studi Kasus di Panti Sosial Tresna Werdha Pagar Dewa Kota Bengkulu )

Indriyana, Ristika and Suminar, Panji and Widiyarti, Diyas (2021) Interaksi Keluarga Dengan Lansia Yang Tinggal di Panti Sosial Tresna Werdha ( Studi Kasus di Panti Sosial Tresna Werdha Pagar Dewa Kota Bengkulu ). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Ristika OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Interaksi sosial dapat dilihat dari kontak sosial sekunder yaitu interaksi yang berlangsung melalui suatu perantara misalnya percakapan melalui telepon, kemudian dilihat dari kontak sosial primer yaitu interaksi yang terjadi apabila peserta interaksi bertemu tatap muka secara langsung .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk interaksi lansia dengan keluarga, kegiatan lansia di panti dengan menggunakan metode kualitatif dan pengumpulan data menggunakan teknik observasi non partisipan, wawancara dan dokumentasi serta pemilihan informan menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu dengan memilih subjek yang dapat dipercaya dan memberikan informasi yang dibutuhkan. Teori yang digunakan yaitu teori Interaksionisme Simbolik dengan hasil penelitian yaitu bentuk dari proses interaksi yang dilakukan oleh keluarga dengan lansia yang tinggal di panti adalah dalam melakukan aktivitas kunjungan tatap muka keluarga mengunjungi lansia sebanyak 1-3 kali dalam sebulan, sedangkan untuk komunikasi yang tidak langsung tatap muka keluarga akan menghubungi lansia sebanyak 2-3 kali dalam seminggu, bisa lewat telepon biasa atau lewat videocall. Dalam Proses interaksi berlangsung hal yang dilakukan lansia adalah saling bertukar kabar, melakukan kontak fisik, keluarga memberikan bantuan finansial dan kebutuhan lain untuk kebutuhan sehari�hari lansia. Selain itu aktivitas lain yang dilakukan keluarga pada lansia dipanti adalah dengan mengajak lansia pergi liburan ke tempat wisata di Kota Bengkulu yang tentu saja saat ingin pergi keluarga dan lansia meminta izin kepada petugas panti atau penjaga panti. Dampak yang dirasakan lansia di panti adalah secara internal adalah merasa sedih dan kadang kesepian karena jauh dari keluarga dan secara eksternal para lansia jika rindu tidak dapat bertemu secara langsung pada keluarga saat itu juga

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 06 Dec 2021 14:30
Last Modified: 06 Dec 2021 14:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23224

Actions (login required)

View Item View Item