Makna Pendidikan Tinggi pada Masyarakat Nelayan Miskin (Studi kasus Di Desa Air Buluh, Kecamatan Ipuh)

Prananda, Rizky Agustia and Suminar, Panji and Himawati, Ika Pasca (2021) Makna Pendidikan Tinggi pada Masyarakat Nelayan Miskin (Studi kasus Di Desa Air Buluh, Kecamatan Ipuh). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI RIZKY AGUSTIA PRANANDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh hasil observasi peneliti kepada nelayan berpenghasilan rendah namun mereka dapat menyekolahkan anaknya ke jenjang perguruan tinggi di Desa Air Buluh. Penelitian yang dilakukan ini kemudian bertujuan untuk mendeskripsikan profil keluarga dari keluarga nelayan miskin di Desa Air Buluh serta ingin mengetahui strategi ekonomi yang dilakukan oleh keluarga nelayan dalam membiayai pendidikan tinggi anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi yang bersifat non partisipan, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan literatur yang terkait. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori fenomenologi sebagai alat analisis. purposive sampling menjadi teknik penentuan informan dalam penelitian ini, adapun kreteria dari penelitian ini yaitu keluarga nelayan berpenghasilan rendah. Hasil penelitian kemudian diperoleh bahwa keluarga nelayan miskin di Desa Air Buluh memaknai pendididkan tinggi itu sebagai sesuatu yang sangat penting. Dengan orang tua menyekolahkan anaknya hingga ke perguruan tinggi anak akan mendapatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dapat berguna untuk masa depan anak. Bahwa dalam penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa makna pendidikan tinggi bagi masyarakat nelayan miskin itu terdiri dari tiga bagian yaitu dari (a) segi status sosial, diharapkan dengan anak menempuh pendidikan tinggi akan menaikan status sosial keluarga mereka di lingkungan masyarakat, kedua (b) segi pola pikir, dapat mengubah pandangan atau cara berfikir seorang anak ke arah peningkatan kualitas diri, ketiga (c) segi ekonomi, diharapkan melalui pendidikan tinggi ini anak akan berhasil meraih gelar sarjana agar dapat memiliki pekerjaan yang dapat membantu meringankan beban keluarga dalam aspek ekonomi dan memiliki penghasilan sendiri, yang akan dapat membantu meningkatkan taraf kehidupan dan perekonomian keluarga menjadi lebih baik, Sedangkan untuk strategi yang dilakukan oleh keluarga nelayan miskin di Desa Air Buluh ini untuk dapat menyekolahkan anaknya hingga ke jenjang perguruan tinggi yaitu dengan cara (a) strategi aktif, dimana orang tua memilih untuk memiliki pekerjaan sampingan sebagai supir mobil sawit dan mekanik mesin perahu tempel, untuk menambah pendapatan keluarganya, dan istrinya berperan untuk ikut membantu pendapatan suami dengan bekerja sebagai buruh tani di perkebunan kelapa sawit dan membuka usaha toko baju, kedua (b) strategi pasif, orang tua dan anak mengurangi pengeluaran keluarga seperti pengeluaran pangan, sandang, dan biaya anak selama di kosan dengan cara berhemat dengan memasak sajian menu sederhana seperti tahu, tempe dan sayur. Selanjutnya dengan (c) strategi jaringan, keluarga nelayan memilih untuk melakukan pinjaman uang, dana pendidikan, dan modal usaha kepada tokeh tengkulak, kerabatnya, dan bank. Dan dari strategi ekonomi ini ada salah satu solusi bagi keluarga nelayan miskin dalam membantu membiayai pendidikan anak nelayan miskin yaitu dengan adanya anak yang telah bekerja yang membantu untuk membiayai pendidikan adik-adiknya

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 06 Dec 2021 14:31
Last Modified: 06 Dec 2021 14:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23225

Actions (login required)

View Item View Item